10 Tempat Wisata Air Terjun Terbaik di Jogja

Jogja memiliki beragam wisata alam yang indah, salah satunya adalah air terjun. Ada banyak air terjun yang tersebar di sekitar Jogja yang bisa menjadi pilihan wisata bagi para pengunjung. Berikut adalah 10 tempat wisata air terjun terbaik di Jogja yang wajib dikunjungi.

10 Tempat Wisata Air Terjun Terbaik di Jogja

1. Air Terjun Tirta Empul Tampaksiring

Air terjun Tirta Empul adalah salah satu air terjun terkenal di Jogja. Air terjun ini memiliki sejarah tersendiri karena dipercayai memiliki kekuatan suci dan memiliki sumber air yang jernih dan bersih. Wisatawan bisa menikmati keindahan air terjun ini dan juga bisa berenang di kolam renang yang sudah disediakan.

2. Air Terjun Goa Pindul

Air terjun Goa Pindul adalah salah satu air terjun yang terkenal di Jogja. Air terjun ini memiliki keunikan tersendiri karena berada di dalam gua. Wisatawan bisa menikmati sensasi berenang di air terjun ini yang memiliki air jernih dan sejuk.

3. Air Terjun Suroloyo

Air terjun Suroloyo adalah salah satu air terjun yang terkenal di Jogja. Air terjun ini memiliki tinggi sekitar 100 meter dan memiliki pemandangan yang sangat indah. Wisatawan bisa menikmati keindahan alam sekitar air terjun ini dan juga bisa berenang di kolam renang yang sudah disediakan.

4. Air Terjun Kembang

Air terjun Kembang adalah salah satu air terjun yang terkenal di Jogja. Air terjun ini memiliki tinggi sekitar 80 meter dan memiliki pemandangan yang sangat indah. Wisatawan bisa menikmati keindahan alam sekitar air terjun ini dan juga bisa berenang di kolam renang yang sudah disediakan.

5. Air Terjun Seribu

Air terjun Seribu adalah salah satu air terjun yang terkenal di Jogja. Air terjun ini memiliki tinggi sekitar 50 meter dan memiliki pemandangan yang sangat indah. Wisatawan bisa menikmati keindahan alam sekitar air terjun ini dan juga bisa berenang di kolam renang yang sudah disediakan.

6. Air Terjun Prahu

Air Terjun Prahu adalah salah satu air terjun terbaik di Jogja yang terletak di Desa Prahu, Kecamatan Purwogondo, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 20 meter dan membentang sekitar 15 meter.

Air Terjun Prahu memiliki suasana yang tenang dan sejuk. Pemandangan alam yang indah dan hijau membuat suasana di sekitar air terjun ini sangat menenangkan. Ada banyak pohon yang mengelilingi air terjun, sehingga membuat suasana seperti hutan belantara.

Air terjun Prahu memiliki kolam renang alami yang bisa digunakan oleh pengunjung untuk berenang. Air terjun ini juga memiliki beberapa kolam yang berbeda-beda, sehingga pengunjung bisa memilih kolam yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan mereka.

Untuk mencapai Air Terjun Prahu, pengunjung harus menempuh jalan darat sekitar 1 jam. Namun, perjalanan ini akan terasa sangat menyenangkan karena pemandangan alam yang indah sepanjang jalan.

Hal-hal yang perlu diperhatikan saat berkunjung ke Air Terjun Prahu adalah membawa perlengkapan mandi dan membawa makanan dan minuman sendiri. Ada beberapa warung yang ada di sekitar air terjun, namun harganya cenderung mahal dan kualitas makanannya tidak terjamin.

7. Air Terjun Grojogan Sewu

Air terjun Grojogan Sewu adalah salah satu air terjun terbesar di Jogja. Tingginya mencapai sekitar 200 meter dan memiliki pemandangan yang luar biasa. Wisatawan bisa menikmati keindahan air terjun ini dan juga bisa berjalan-jalan di sekitar area air terjun yang sudah disediakan untuk pejalan kaki.

8. Air Terjun Sri Gethuk

Air terjun Sri Gethuk adalah salah satu air terjun yang memiliki air jernih dan sejuk. Tingginya mencapai sekitar 120 meter dan memiliki pemandangan yang indah. Wisatawan bisa menikmati keindahan air terjun ini dan juga bisa berenang di kolam renang yang sudah disediakan.

9. Air Terjun Sriningsih

Air terjun Sriningsih adalah salah satu air terjun yang memiliki air jernih dan sejuk. Tingginya mencapai sekitar 70 meter dan memiliki pemandangan yang indah. Wisatawan bisa menikmati keindahan air terjun ini dan juga bisa berenang di kolam renang yang sudah disediakan.

10. Air Terjun Drini

Air terjun Drini adalah salah satu air terjun yang memiliki air jernih dan sejuk. Tingginya mencapai sekitar 60 meter dan memiliki pemandangan yang indah. Wisatawan bisa menikmati keindahan air terjun ini dan juga bisa berenang di kolam renang yang sudah disediakan.

Kesimpulan

Jogja memiliki banyak sekali air terjun yang indah dan memiliki keunikan masing-masing. 10 tempat wisata air terjun di atas merupakan salah satu pilihan terbaik bagi wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam di Jogja. Selain bisa menikmati keindahan air terjun, wisatawan juga bisa berenang dan berjalan-jalan di sekitar area air terjun.

Pembahasan mengenai 10 Tempat Wisata Air Terjun Terbaik di Jogja bisa Anda baca di wartasembada.com.