Destinasi Wisata Di Cirebon: 12 Lokasi Menakjubkan

Destinasi Wisata Di Cirebon: 12 Lokasi Menakjubkan – Sebelum mulai membahas tempat wisata di Sierbon, Anda harus tahu bahwa Sierbon memiliki banyak tempat wisata yang tidak kalah dengan tempat liburan top lainnya seperti Bandung, Jogja atau Bogor. Guidong, kota yang terkenal dengan lipstik mangganya, akhir-akhir ini banyak dipilih sebagai tujuan wisata oleh banyak wisatawan. Setiap musim libur panjang, Sierban mendadak dipadati turis luar kota.

Meningkatnya kunjungan wisatawan ke Sirban dalam beberapa tahun terakhir tidak luput dari pertumbuhan dan perkembangan ekonominya yang pesat. Setelah tol Sepali dibuka, jarak ke Sirban juga bertambah.

Destinasi Wisata Di Cirebon: 12 Lokasi Menakjubkan

Destinasi Wisata Di Cirebon: 12 Lokasi Menakjubkan

Tak hanya itu, keberadaan banyak hotel di setiap sudut kota juga memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi para wisatawan. Nah bagi anda yang berencana mengunjungi Kota Sriram, ada banyak saran tempat wisata di Cirebon yang layak untuk dikunjungi. Lihat rincian lengkap dari apa yang ada di bawah ini.

Tempat Wisata Cirebon

Gambar seperti gambar, adalah ungkapan yang paling tepat untuk menggambarkan keunggulan destinasi wisata ini. Danau besar yang terbentuk dari air terjun kecil ini merupakan danau buatan. Di dalamnya terdapat ikan dengan warna yang memanjakan mata.

Tentu saja, pengunjung tidak diperbolehkan memancing. Aturan ini membuat kebiasaan baru di Situ Cicerem. Pengunjung sering menikmati keindahan alam danau dan memberi makan ikan.

Bukan hal yang aneh bagi pengunjung untuk berfoto di Setu Cesarum. Ada banyak cara untuk mengambil foto. Berdiri di tepi kolam, mengendarai pelampung di danau dan berenang menyeberangi danau.

Keraton Kasipuhan merupakan tempat wisata pertama di Sierban yang wajib anda kunjungi, apalagi jika anda tertarik dengan sejarah Sierban. Keraton di Sirbon ini dibangun pada tahun 1529 oleh Pangeran Mas Muhammad Arifin yang merupakan cucu dari Sanan Gangang.

Tempat Wisata Di Pandeglang Banten Yang Eksotis, Mempesona Dan Sangat Menakjubkan

Awalnya bernama Istana Pakangwati, istana ini dibangun sebagai pusat pemerintahan Sirban di masa lalu. Setelah pembagian pekarangan keraton pada masa pemerintahan Pangeran Murtawijaya atau dikenal juga dengan Sultan Sepoh Muhammad Siamuddin Murtawija, objek wisata di Sarban ini kemudian berganti nama menjadi Keraton Kasipohan.

Anda dapat mengunjungi Museum Istana dan melihat berbagai artefak bersejarah seperti kereta emas, gamelan dari tahun 1426, lukisan kuno Raja Selivhangi, tambora peninggalan Sanan Kalijaga, dan meriam kecil. Anda juga bisa menjelajahi kawasan Keraton untuk melihat arsitekturnya yang memiliki nilai filosofis tinggi. Keraton Kasepuhan Cirebon terletak di Jalan Kasepuhan No. 43, Lemahwungkuk, Kota Cirebon.

Crybon juga memiliki tempat wisata dengan pemandangan malam yang indah bernama Bukit Grunggong. Bukit Gurunggong adalah tempat yang populer bagi anak muda di Sarban dan sekitarnya. Di kawasan Bukit Grangong, Anda bisa duduk di bangku sambil menikmati minuman panas di udara pegunungan yang sejuk dan menikmati pemandangan indah Sierban dari ketinggian di malam hari.

Destinasi Wisata Di Cirebon: 12 Lokasi Menakjubkan

Kini, di kawasan objek wisata Sirban banyak terdapat restoran dan hotel yang menawarkan pemandangan pegunungan yang sangat indah. Jadi liburan bersama keluarga dan teman bisa lebih menyenangkan. Bagi yang ingin menikmati pemandangan malam umum Bukit Gonggong yang terletak di kawasan Patapan, Bibar, Sierban, cukup membayar Rp 2.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp 5.000 untuk mobil. .

Libur Lebaran 2022, Kunjungan Tempat Wisata Dan Hotel Di Kota Cirebon Meningkat

Keraton Kanuman merupakan tempat wisata sejarah di Sarban yang tidak kalah menariknya dengan Keraton Kasipuhan. Meski telah banyak mengalami renovasi, Keraton Kanuman tetap mempertahankan dekorasi dan gaya arsitektur Jawa dan Tionghoa yang memiliki makna sejarah bagi perkembangan Kerajaan Islam di Indonesia. Beragam koleksi artefak sejarah seperti lukisan, keramik, dan Paksi Naga Liman Kar yang melegenda dapat ditemukan di tempat wisata di Sirban ini.

Sejak berdiri pada tahun 1678, Keraton Kanuman masih memiliki tradisi dan adat istiadatnya. Salah satu ritual istana yang paling terkenal adalah ritual panjang Talas yang biasanya dilakukan setiap bulan Milad. Ritual taweez panjang dimulai dengan mencuci peninggalan Kanuman Darbar selama 40 hari dan dilanjutkan dengan prosesi peninggalan dan hasil pertanian bukit dari Janim Hall ke Masjid Kanuman Darbar. Warga dan wisatawan Cirebon selalu menantikan proses ini. Selain memiliki nilai filosofis yang tinggi, ritual Panjang Jamaat juga bisa menjadi wadah untuk berterima kasih kepada masyarakat sekitar Keraton Kanuman.

Istana Kanuman dibuka untuk wisatawan setiap hari mulai pukul 09.00 hingga 17.00. Pengunjung cukup membayar tiket masuk sebesar Rp 7.000 untuk menikmati wisata sejarah Keraton Kanuman.

Bagi mereka yang ingin melepaskan diri dari aktivitas sehari-hari, Danau Reims menawarkan pemandangan indah di lereng Gunung Serimi. Berada di kawasan Kadwela, Kuningan, tepatnya 20 kilometer dari pusat kota Crebon, Telga Remes dipercaya sebagai tempat pemakaman Raja Selivangi di masa lalu.

Tempat Wisata Jawa Barat Populer Yang Wajib Dikunjungi

Nama Telga Ramis, yang berarti aliran dalam bahasa Sudan, berasal dari kisah Raja Selivangi, yang menggunakan aliran itu sebagai air minum ketika terdampar di daerah tandus. Raja kemudian memindahkan sisa-sisa tersebut dan berdoa agar kawasan itu nantinya menjadi danau yang berguna bagi masyarakat sekitar.

Nyatanya, doa Dewa Salibhangi terkabul. Telga Ramis tidak hanya menjadi sumber air terjun bagi warga sekitar, tetapi juga menjadi destinasi wisata yang mampu mendekatkan alam dengan wisatawan. Di kawasan seluas 3 hektar ini, Anda bisa menjelajahi kawasan hutan di sekitar danau yang menjadi rumah bagi ratusan jenis tumbuhan seperti malaka, tumbuhan mawar, dan pohon kosambi. Telga Remiš dilengkapi dengan banyak fasilitas tambahan, seperti tempat perkemahan, toilet, tribun, gazebo, dan tempat parkir.

Jika sedang berkunjung ke tempat ini, tidak ada salahnya untuk mengunjungi tempat-tempat yang direkomendasikan berikut ini: 10 Tempat Wisata di Kuningan yang Wajib Dikunjungi

Destinasi Wisata Di Cirebon: 12 Lokasi Menakjubkan

Masjid tertua di Cirebon ini terletak di kompleks Keraton Kasipuhan. Arsitektur Masjid Agung Sang Septa Rasa dipengaruhi oleh Kerajaan Islam di masa lalu. Keistimewaan ini terlihat dari atap masjid yang biasanya tidak memiliki tempat duduk seperti masjid-masjid lain di Jawa.

Wisata Cirebon Dan Kuningan

Sekilas, masjid ini mungkin tampak sangat luar biasa. Meski terlihat biasa saja, ada cerita menarik di balik pembangunan masjid ini. Menurutnya, ratusan pembesar Dinasti Dimak, Majapahit dan Karban ikut serta dalam pembangunan Masjid Sangsept Ras. Kasta Sanan Gunang juga menugaskan Sanan Kalijaga untuk merancang arsitektur masjid.

Gaya arsitektur yang masih dilestarikan hingga saat ini, memiliki tradisi yang masih dilestarikan di Masjid Septa Ras, musala. Azaan Pito adalah azan yang dilakukan secara serentak oleh tujuh muadzin. Azan Pitou untuk Dua biasanya dikumandangkan setiap hari Jumat pada waktu sholat di Masjid Agung Sang Septa Rasa.

Cirebon mungkin tidak banyak memiliki tempat wisata alam seperti kawasan Kuningan atau Majalingka, sehingga kehadiran Onevista Sivarengin bisa menjadi oase bagi warga Cirebon yang mendambakan pemandangan hijau. Berada di perbatasan Kabupaten Cirebon dan Majalengka, Wanawisata Ciwaringin menghadap ke hutan hijau dan danau yang biasa digunakan sebagai tempat memancing.

Pemandangan perbukitan kapur juga menambah pesona tempat wisata di Sirban ini. Tak hanya itu, kawasan Wanawisata Ciwaringin juga menjadi tempat arena motocross yang dirancang untuk para pecinta tantangan. Tersedia juga berbagai fasilitas penunjang seperti toilet, tempat parkir, mushola dan akomodasi untuk kelancaran aktivitas wisata pengunjung.

Berikut 12 Rekomendasi Restoran Di Bandar Lampung Yang Cocok Untuk Kumpul Bersama Keluarga

Makam suku Sunan Gunang ini sering dijadikan sebagai tujuan wisata religi para wisatawan ke Pulau Jawa. Di tempat wisata di Cerebon ini, Anda akan merasakan suasana sakral akibat pembacaan ayat-ayat suci yang terdengar di Kompleks Sanan Gunang Jati Samadhi. Gaya arsitektur Cina, Jawa, dan Arab berpadu sempurna dan menciptakan harmoni yang indah. Berbagai ornamen yang terbuat dari porselen Cina digantung di dinding mausoleum.

Daya tarik lain dari pemakaman kasta Sanan Gunang adalah adanya sembilan gapura yang disusun berundak. Namun pengunjung hanya diperbolehkan masuk hingga gapura kelima, karena gapura bawah hanya untuk keturunan suku Sunan Gong.

Kompleks Makam Sanan Gunang Jati terletak di Jalan Alun Alun Astana Gunang Jati 53, Desa Astana, Kecamatan Gunang Jati.

Destinasi Wisata Di Cirebon: 12 Lokasi Menakjubkan

Warga Sierban dan sekitarnya kerap menjadikan tempat ini sebagai destinasi liburan bersama keluarga besarnya. Desa wisata Sikang terkenal dengan ikan bakar dengan pemandangan khas pegunungan. Pengunjung juga bisa menangkap ikan sendiri, yang diolah menjadi hidangan lezat.

Inilah 9 Daftar Tempat Wisata Medan Yang Paling Populer

Namun jangan salah, meski populer sebagai destinasi wisata memancing dan kuliner, Desa Wisata Sikang tetap menawarkan segudang daya tarik wisata bagi setiap pengunjungnya. Anda bisa mengecek ketersediaan kapal wisata, penginapan dan kolam renang untuk menghabiskan liburan bersama keluarga.

Desa Wisata Sikahang terletak sekitar 2 kilometer dari Sambar, pusat pemerintahan Kecamatan Dakuntang, Kabupaten Kraibon. Lokasinya juga tidak jauh dari Telga Remiš dan mudah dijangkau dengan mobil pribadi.

Akhir-akhir ini minat wisatawan terhadap gua Tamanshri Sanyaragi semakin meningkat. Berkat pemugaran kawasan taman dan pameran seni tahunan, tempat wisata di Sierban ini tidak lagi terlihat seperti tempat wisata yang terbengkalai.

Taman dengan deretan gua ini dulunya merupakan tempat meditasi para pemimpin kerajaan atau tentara setempat. Keaslian bangunan batu tua di goa Sanyaragi ini masih sangat tua. Warga setempat kerap menjadikan tempat wisata di Serbia ini sebagai tempat hunting foto juga.

Rekomendasi Destinasi Wisata Untuk Libur Lebaran Di Cirebon Dan Sekitarnya

Goa Taman Sri Sanyaragi juga digunakan sebagai tempat pertunjukan musik, balet, hingga Festival Durbar Nusantara yang diadakan setahun sekali. Bahkan, baru-baru ini pengelola goa Taman Sri Sanyaragi juga mulai menerbangkan balon udara untuk menarik wisatawan ke sini.

Tertarik untuk mengunjungi tempat wisata di Cirebon yang satu ini? Datang saja ke Jalan Sanyaragi, Kecamatan Kesambi, Sirban. Gua Taman Sri Sanyaragi dibuka untuk umum setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 17.30.

Pada tahun 1990-an, Taman Ade Arma Suryani (TAIS) dikenal sebagai taman hiburan anak-anak. TAIS sempat terbengkalai sebelum akhirnya diubah menjadi taman air bernama Cerebon Waterland.

Destinasi Wisata Di Cirebon: 12 Lokasi Menakjubkan

Lokasi prewedding di cirebon, destinasi cirebon, destinasi liburan di cirebon, lokasi wisata cirebon, destinasi wisata di singapura, destinasi wisata di cirebon, destinasi wisata cirebon dan kuningan, destinasi wisata cirebon, destinasi wisata di bali, lokasi wisata di cirebon, destinasi wisata di bangkok, lokasi cirebon

Pembahasan soal Destinasi Wisata Di Cirebon: 12 Lokasi Menakjubkan bisa Anda baca di wartasembada.com.