Objek Wisata Di Toraja: 4 Tempat Wisata Dengan Budaya Unik

Objek Wisata Di Toraja: 4 Tempat Wisata Dengan Budaya Unik – Sebuah upacara yang kuno dan sangat mahal, inilah yang pertama kali terlintas di benak kebanyakan orang ketika mendengar kata Tanah Torah. Tentunya jika berbicara tentang Toraja tidak hanya tentang budaya khusus kematian saja, masih banyak wisata di Toraja yang jarang diketahui orang. Itu masih terlihat seperti surga yang dilestarikan dengan indah oleh penduduk asli setempat.

Keindahan tanah Toraja yang sering disamakan dengan tanah kahyangan dilengkapi dengan tradisi budaya magis. Menjadi magnet yang kuat untuk menarik wisatawan berkunjung ke negara tersebut. Bahkan, banyak dari wisatawan tersebut yang jatuh cinta dengan tanah airnya dan kembali lagi ke Tanah Toraja.

Objek Wisata Di Toraja: 4 Tempat Wisata Dengan Budaya Unik

Objek Wisata Di Toraja: 4 Tempat Wisata Dengan Budaya Unik

Seperti Putri, Toraja adalah seorang blogger yang sangat mencintai alam. Setibanya pertama kali di Toraja, ia langsung jatuh cinta pada Langit. Ia berkali-kali mengunjungi Toraja dan menulis tentang kecintaannya pada negara Toraja di blog pribadinya yang bernama LipJourney.

Tempat Wisata Toraja Yang Jarang Diketahui Orang

Banyak wisatawan datang ke Tanah Toraja untuk mengikuti upacara kematian besar orang-orang besar Toraja. Perayaan kematian raja-raja Toraja begitu marak sehingga dinas pariwisata setempat menjadikan jadwal resmi sebagai acara wisata.

Saat menginjakkan kaki di tanah Toraja, wisata alamnya begitu indah sehingga tidak boleh Anda lewatkan. Negara Toraja memiliki banyak tempat wisata yang populer. Seperti patung Yesus Bantu Burake dengan jembatan kaca panjang, rumah adat kuno di desa Palawa dan pemakaman terhormat di gua Palawa.

Selain tempat-tempat terkenal tersebut, masih banyak tempat tersembunyi yang harus kita jelajahi saat berada di tanah Toraja. Tempat wisata di Toraja memang jarang diketahui masyarakat, namun keindahannya begitu terjaga hingga beberapa di antaranya memiliki suasana magis yang sangat kental.

Budaya suku Toraja sangat unik dan budayanya dilestarikan dengan penguburan di batu atau lubang setelah upacara simbolik individu. Tidak dapat dipungkiri dalam kepercayaan orang yang percaya bahwa kematian tidak terjadi secara tiba-tiba. Namun, itu adalah proses spiritualitas dan akhirat yang bertahap atau yang mereka sebut puya.

Tempat Wisata Di Toraja Paling Indah Dan Berkesan

Wisatawan ke Toraja sering mengunjungi makam pangeran Toraja. Pemakaman terkenal termasuk Batu Lemo dan Gua Palawa. Kedua kuburan yang setiap hari banyak dikunjungi wisatawan ini memiliki citra magis yang sangat kuat.

Selain kuburan yang terkenal banyak dikunjungi wisatawan, ada juga kuburan milik suku Toraja yang patut dikunjungi namun jarang dikunjungi. Erong Lombok Parinding, goa alami bagi masyarakat Toraja kelas menengah. Goa alami ini dikelilingi oleh hutan bambu yang masih terjaga keasliannya.

Di dalam goa terlihat kerangka dan tulang manusia yang tertata rapi dikelilingi rerumputan. Gua pemakaman di Erong Lombok Parinding diperkirakan berusia 700 tahun dan berisi tengkorak manusia beserta kotak kayu dan peralatan lainnya.

Objek Wisata Di Toraja: 4 Tempat Wisata Dengan Budaya Unik

Untuk menuju Erong Lombok Resort, kita harus menempuh jarak sekitar 7 kilometer menuju Rantepao. Erong (Kuburan) Terletak di Kecamatan Sesian, Lembah Dusun Parinding Mantapu (Lombok).

Destinasi Wisata Di Toraja Mendunia, Budaya Hingga Wisata Alam

Surga tersembunyi Tanah Toraja, yang oleh banyak orang disebut Kampung Ollon. Jarang dikunjungi wisatawan, desa ini sayang untuk dilewatkan. Rerumputan hijau yang rimbun dan bukit-bukit hijau yang tertata rapi membuat desa Ollon Toraja begitu mempesona.

Desa Ollon terletak di lembah Ollon yang indah dan sangat cocok bagi mereka yang ingin bermalam di sana. Cuaca tenang dan langit cerah membuat berkemah di Lembah Ollon sangat indah. Bagi penikmat kopi, biaya berkemah di Lembah Olon sepertinya merupakan cara sempurna untuk beristirahat dari kehidupan sehari-hari.

Untuk menuju Desa Ollan di Lembang Bau Kabupaten Tana Toraja kita bisa menggunakan transportasi darat dari kota Makale. Perjalanan memakan waktu 3-4 jam dimana kita disuguhi pemandangan alam yang sangat indah dalam perjalanan menuju Desa Ollon.

Air Terjun Limbang merupakan salah satu surga tersembunyi di Toraja yang jarang diketahui banyak orang. Kolam air alami ini dikelilingi bebatuan tinggi yang misterius dan memiliki air berwarna hijau. Iklim yang tenang dan sejuk membuat kolam Limbang menjadi tempat pelarian yang ideal dari hiruk pikuk kota.

Tempat Wisata Di Toraja Paling Terpopuler, Salah Satunya Seperti Berada Di Negeri Atas Awan

Suasana di Kolam Limbang sendiri terbilang tenang karena banyak wisatawan yang datang ke Toraja jarang mengetahui tempat ini. Kolam Air Limbang terletak 2 kilometer dari Rantepao dengan mobil, berdekatan dengan kawasan wisata Bukit Singki.

Desa wisata Tikla terletak di Toraja Utara, 15-30 menit dari jalan Rantepao. Desa Tikala memiliki hutan bebatuan karst. Perpaduan antara kearifan lokal dan benteng alam yang dirancang dengan indah dapat dinikmati oleh wisatawan yang berkunjung ke Desa Wisata Tikla. Selain itu, keindahan kota Toraja dapat dilihat dari atas hutan bebatuan.

) dan tersebar dengan indahnya, di desa Tikala kita juga bisa menemukan makam Marimbunna dan Tonkonan, Tonkonan tertua di desa Tikala. Di sana kita juga bisa menemukan pedang yang diukir di gua batu dan kepala kerbau berubah menjadi batu.

Objek Wisata Di Toraja: 4 Tempat Wisata Dengan Budaya Unik

Desa Untuk menuju Desa Tikala, wisatawan harus melalui medan yang sangat sulit, karena jalannya masih belum besar. Namun diuntungkan dengan pemandangan desa yang masih terjaga dengan baik dan memiliki aliran sungai yang jernih.

Tempat Wisata Di Toraja Utara Ini Wajib Banget Dikunjungi

Hamparan hijau perbukitan berumput baru memanjakan mata setiap wisatawan yang berkunjung ke Tebing Kendenan. Tebing yang sering disebut Tebing Romantis oleh penduduk setempat ini merupakan surga rahasia di kawasan Bonga Karadeng.

Wisatawan menempuh perjalanan selama 2 jam dari Makale menuju Tebing Kendengan yang berjarak 41 kilometer dari ibu kota kabupaten Tana Toraja. Meski perjalanan ini bisa diakses dengan transportasi darat, namun wisatawan harus berjalan kaki untuk sampai ke Tebing Kendenan.

Perjalanan panjang menuju Tebing Kendanon menawarkan keindahan alam yang luar biasa. Pegunungan berumput hijau luas yang dilalui aliran Sungai Sandang sangat jelas membelah pegunungan. Tak hanya itu, udara pegunungan yang segar namun terjaga membuat Tebing Kendenan tak boleh dilewatkan saat berkunjung ke Tana Toraja.

Tentunya wisata alam tersembunyi di Toraja tidak terbatas pada 5 hal tersebut saja, masih banyak wisata lain di Toraja yang jarang dikunjungi oleh masyarakat terutama wisatawan dari luar daerah. Wisatawan dapat menjelajahi dan mengunjungi Toraja dan merasakan keindahan surga Toraja lengkap dengan tradisi budaya dan suasana magis yang membuat semua orang kembali ke Toraja.

Alamat, Rute Dan Harga Tiket Masuk Objek Wisata Bori’ Kalimbuang Toraja

[dot]com adalah panduan berbagai tempat wisata tersembunyi di Indonesia dan sumber inspirasi yang akan menjadi teman perjalanan Anda dimanapun Anda berada.

Tips dan Trik Wisata (9) Tips dan Trik Memasak (4) Wisata Alam di Jawa (3) Wisata Alam di Sulawesi (1) Wisata Alam di Sulawesi (1) Wisata Alam di Sumatera (6) Wisata Kuliner di Jawa (5) Kuliner Wisata di Sulawesi (2) Wisata Makanan di Sumatera (5) Sulawesi Selatan dikaruniai keindahan alam dan atraksi budaya. Salah satu objek wisata ini terletak di dua kawasan, Tana Toraja dan Toraja Utara.

Di Toraja, ada banyak tempat wisata yang bisa Anda kunjungi. Selain memanjakan mata, Anda juga bisa menjelajahi kekayaan budaya dan sejarah masyarakat setempat.

Objek Wisata Di Toraja: 4 Tempat Wisata Dengan Budaya Unik

Pango-Pango adalah tempat peristirahatan dimana para petani menanam kopi di dataran tinggi, sering disebut sebagai negeri di atas awan. Situs tersebut berada di kawasan Gunung Pango-Pango Desa Pasang, Kecamatan Makale Selatan, Kabupaten Tana Toraja.

Paket Tour Toraja 4 Hari 3 Malam

Tempat wisata ini buka 24 jam nonstop setiap hari, namun tidak disarankan untuk datang setelah matahari terbenam karena tempat ini masih gelap. Tiket masuk dikenakan biaya Rp 10.000 per orang dan Rp 15.000 per orang jika ingin berkemah.

Fasilitas yang akan Anda temukan antara lain gazebo, toilet untuk pengunjung, bumi perkemahan, dan pantry yang menjual makanan dan minuman. Seseorang dapat melihat awan di atas dan menikmati keindahan tanah di atas awan. Tempatnya sangat cocok untuk berwisata

Kete Kesu terletak di Desa Bunoran, Desa Panta’Rukan Lolo, Kecamatan Kesu, Toraja Utara. Kete Kesu merupakan desa wisata yang indah dan unik sehingga tempat wisata ini sering dikunjungi wisatawan karena terletak di pegunungan dan persawahan. Harga tiket masuk adalah Rp 10.000 per orang, buka 24 jam dari Senin hingga Minggu.

Di sini Anda bisa menjelajahi rumah adat Tonkonan dimana setiap sudut rumah adat ini memiliki cerita yang berbeda. Desa ini dikelilingi oleh sawah. Selain itu juga dapat mengunjungi kuburan kuno yang berusia ratusan tahun.

Tempat Wisata Makassar Populer Di Tahun 2021

Lihat gambar Patung Yesus Pemberkat Bantu Burake di Makale, Daerah Tana Toraja. (Dok. Leonard Lefkas – Instagram.com/lefkas_)

Anda bisa melihat patung setinggi 40 meter di gunung Bantu Buracay yang mirip dengan patung Kristus di Brazil. Patung itu disebut Patung Yesus Memberkati dan dibangun pada Mei 2015.

Patung Yesus Terberkati terletak di Bantu Burake, Makale, Tana Toraja. Biaya masuk adalah Rp 10.000 per orang, buka mulai pukul 07:00 hingga 21:00.

Objek Wisata Di Toraja: 4 Tempat Wisata Dengan Budaya Unik

Meski patung ini merupakan simbol agama Kristen, namun patung ini dikunjungi banyak orang dari berbagai daerah.

Ekspedisi Gerakan Anak Negeri Tana Toraja (4)

Museum Ne’Gendeng terletak di Desa Pelang, Sa’dan Balusu, Toraja Utara. Dahulu, tempat ini merupakan tempat pemakaman Negendeng, salah satu sesepuh masyarakat Toraja.

Museum ini juga menawarkan pemandangan spektakuler. Wisatawan mancanegara sering memasukkan tempat ini sebagai tempat untuk dikunjungi. Di tempat yang sama ada banyak rumah Toraja yang bisa Anda masuki atau tinggali.

Bagi yang ingin belajar sejarah dan budaya, tempat ini bisa Anda jadikan referensi. Tempat ini terletak di Desa Pallava, Sesin, Toraja Utara. Ini adalah sebuah desa tua dengan banyak bangunan yang indah.

Aktivitas yang bisa Anda lakukan di sini

Museum Ne’ Gandeng

Tulisan tentang Objek Wisata Di Toraja: 4 Tempat Wisata Dengan Budaya Unik dapat Anda temukan di wartasembada.com.