Panduan Mengendarai Sepeda Motor Untuk Pemula

Mengambil pelajaran akan sangat meningkatkan peluang Anda untuk tetap aman dan bebas kecelakaan karena jika Anda mempertahankan apa yang telah diajarkan kepada Anda, Anda mungkin akan lebih baik daripada banyak pengendara yang telah mengemudi lebih lama. Kurangnya pelatihan yang memadai, atau bahkan tidak ada pelatihan sama sekali yang umum di Irlandia, pasti akan menyebabkan kecelakaan pada tahap yang sangat awal dalam karir mengemudi.

Hal Wajib yang Perlu Diperhatikan Sebelum Mengendarai Sepeda Motor

1. Lakukan penelitian Anda. Sebelum mulai bersepeda, penting untuk melakukan riset. Jika Anda tidak memiliki sepeda motor, cari tahu mana yang terbaik untuk Anda. Seperti mobil, sepeda motor datang dalam berbagai bentuk dan ukuran. Kunjungi dealer sepeda motor setempat untuk mempelajari sepeda motor apa yang mereka miliki dan mana yang baik untuk pemula. Pastikan Anda mengajukan banyak pertanyaan. Jika Anda merasa tertekan untuk membeli, cari dealer lain. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang berbagai jenis sepeda motor yang tersedia, lihat “Enam Jenis Sepeda Motor untuk Penunggang Baru.”

Membeli sepeda motor secara ketat berdasarkan harga atau penampilan dapat menyebabkan situasi berbahaya.

2. Tinjau buku pegangan sepeda motor negara bagian Anda. Banyak negara bagian memiliki buku pegangan tambahan yang menjelaskan:

Persyaratan pengoperasian sepeda motor;
Langkah-langkah untuk mendapatkan lisensi Anda;
hukum sepeda motor;
Perlengkapan yang dibutuhkan untuk berkendara; dan
Menangani situasi jalan yang berbahaya dan masalah mekanis.

3. Beli peralatan yang tepat. Seperti halnya olahraga atau aktivitas baru, memiliki perlengkapan penting dapat membantu Anda tetap aman. Sebagai pengendara baru, Anda lebih rentan terhadap terbalik dan kecelakaan. Mengendarai celana pendek dan sandal jepit bukanlah pilihan terbaik. Berikut daftar peralatan yang perlu dipertimbangkan.

  • Helm
  • Perlindungan mata
  • Jaket kulit dan celana
  • sepatu bot
  • Sarung tangan

4. Mendaftar di kelas. Setelah Anda membuat keputusan untuk bersepeda, pertimbangkan untuk mendaftar di kelas. Kelas pengendara dasar, seperti yang ditawarkan di Road America , mengajarkan keterampilan berkendara dasar di lingkungan yang aman dan terkendali. Mereka bahkan menyediakan sepeda motor!

Dengan mengikuti kelas yang menyediakan sepeda motor, Anda akan dapat memutuskan apakah berkendara tepat untuk Anda tanpa melakukan investasi finansial untuk sepeda motor baru. Untuk menemukan daftar kelas di dekat Anda, kunjungi Yayasan Keselamatan Sepeda Motor .

5. Kenali sepeda motor Anda. Mengoperasikan sepeda motor sangat bergantung pada koordinasi mata, tangan, dan kaki. Jika Anda mengambil kelas, Anda akan mempelajari kontrol yang berbeda. Sangat penting untuk mengetahui ini untuk mendapatkan izin pelajar Anda melalui DMV. Berikut adalah ikhtisar singkat dari beberapa kontrol sepeda motor.

  • Pegangan throttle. Ini mirip dengan akselerator kelopak kaki di mobil Anda. Itu ada di sisi kanan stang dan dikendalikan dengan memutarnya dengan tangan kanan Anda.
  • Rem depan. Ini juga berada di sisi kanan setang dan harus ditekan dengan lembut dengan tangan kanan Anda untuk memberi tekanan pada rem Anda.
  • Rem belakang. Ini terletak di sisi kanan bawah sepeda motor. Gunakan kaki kanan Anda untuk menekan dengan lembut untuk menerapkan tekanan rem.
  • Tuas perpindahan gigi. Pedal ini berada di sisi kiri bawah sepeda motor. Ini digunakan untuk mengubah persneling saat Anda mengemudi. Pola persneling biasanya gigi pertama turun dengan sisa gigi naik.
    Tuas kopling. Ini biasanya ditemukan di sisi kiri stang. Ini digunakan saat mengganti persneling.

6. Latihan membuat sempurna. Setelah Anda mendapatkan izin instruksi siklus sementara, Anda dapat mulai mengemudi di jalan. Jika memungkinkan, berlatihlah di area dengan volume lalu lintas rendah dan sedikit pejalan kaki. Ini akan membantu Anda membiasakan diri mengoperasikan sepeda motor Anda. Setelah Anda merasa lebih nyaman, Anda dapat mulai menjelajah ke area yang lebih padat.

7. Hubungi agen asuransi Anda. Bicaralah dengan agen Anda untuk mengetahui cakupan asuransi apa yang diperlukan untuk perjalanan baru Anda.

Cara Mengendarai Sepeda Motor

Mengendarai sepeda motor adalah teka-teki bagi banyak orang. Sementara jutaan orang tahu cara mengendarai mobil, sebagian kecil dari populasi tahu cara mengendarai sepeda motor. Namun, mengendarai sepeda motor sebenarnya bukanlah hal yang rumit setelah Anda mengetahui prinsip dasarnya. Ini mungkin benar-benar berbeda dari mengendarai mobil, tapi itu pasti sesuatu yang dapat dipelajari dengan mudah. Mungkin satu hal terpenting yang harus dipelajari pengendara adalah memutar kepala. Anda perlu memutar kepala Anda ketika Anda keluar ke jalan atau ketika Anda berpindah jalur untuk melihat apa yang ada di belakang dan di samping Anda. Anda tidak memiliki kaca spion saat mengendarai sepeda motor dan dengan demikian kebiasaan ini bisa menjadi salah satu yang menyelamatkan jiwa.

Setelah Anda menghidupkan mesin dan sepeda motor dalam keadaan netral, Anda perlu menarik kopling menggunakan tangan kiri Anda dan kemudian klik persneling ke gigi pertama. Lepaskan kopling secara perlahan dan putar throttle gas dengan lembut ke arah Anda, ini cukup untuk mencegah macet. Sekarang Anda perlu memutar throttle Anda sedikit lebih lama dan segera sepeda akan mulai bergerak.

Apakah ada sedikit noda atau setetes cairan di bawah kendaraan Anda? Ini mungkin tidak berarti apa-apa. Tetapi Anda ingin segera memeriksa bintik-bintik basah – hanya untuk memastikan. Jika, pada hari-hari awal kehidupan kerja Anda, Anda tidak cukup beruntung untuk menemukan diri Anda pengangguran baik melalui pengambilalihan, pemotongan atau penutupan, Surat Izin Mengemudi lengkap akan memungkinkan Anda untuk mengambil pekerjaan sementara dengan sangat cepat saat Anda berkumpul kembali dan memeriksa pilihan masa depan Anda. .

Sekarang Anda perlu tahu cara berhenti. Tarik kopling sambil dengan lembut mendorong throttle menjauh dari Anda, lalu tarik rem dengan jari kanan Anda. Terus berlatih bergerak dan berhenti sehingga Anda akan menguasai sepeda motor. Ingatlah untuk memegang tangki bahan bakar sepeda menggunakan lutut Anda untuk mengamankan diri Anda selama perjalanan, dan menjaga tubuh Anda tetap rileks.

Berlatihlah sampai Anda merasa cukup percaya diri untuk meningkatkan kecepatan sepeda motor dan menggunakan gigi yang lebih tinggi. Selama perjalanan, jaga agar kepala Anda tetap tegak sehingga Anda menyadari apa yang terjadi di sekitar Anda. Jangan terus-menerus melihat pegangannya karena itu akan mengalihkan perhatian Anda dari melihat apa yang ada di depan.

Saat Anda mengerem, penting untuk menerapkan lebih banyak tekanan pada rem di depan daripada di belakang. Rem belakang terutama membantu rem depan. Daya hentinya benar-benar di depan. Anda mungkin memerlukan bantuan ekstra dari rem belakang saat cuaca basah. Sebenarnya mengendarai sepeda itu sangat mudah. Yang paling penting jika Anda menggabungkan semua prinsip bersama dengan cara yang sangat harmonis sambil menjaga diri Anda tetap tegak dan memperhatikan lingkungan Anda.

Peringatan

  • Berlatihlah bersama juru mudi yang profesional supaya Kamu senantiasa nyaman.
  • Jauhi jalanan bolong, banyak batu, serta beresiko. Meski mobil dapat melewatinya dengan gampang, jalanan semacam ini amat beresiko buat juru mudi sepeda motor.
  • Waspadalah dengan kehadiran juru mudi lain di jalur.
  • Pakai perkakas keamanan, misalnya helm, celana jauh, jaket, sarung tangan, serta sepatu bot, buat mencegah badan seandainya Kamu terguling dari sepeda motor.
  • Lane splitting merupakan kegiatan yang dicoba juru mudi sepeda motor dengan maju di sela- sela barisan mobil yang menyudahi( kala jalanan macet). Aksi ini dapat sah ataupun bawah tangan di wilayah Kamu. Cek peraturan kemudian rute di wilayah Kamu buat mengenali apakah metode ini bisa diaplikasikan.

Tulisan mengenai Panduan Mengendarai Sepeda Motor Untuk Pemula dapat Anda temukan di wartasembada.com.