Rute Wisata Dieng: 4 Jalur Efisien

Rute Wisata Dieng: 4 Jalur Efisien – Dataran Tinggi Dieng merupakan desa tertinggi di Pulau Jawa, seperti negeri di atas awan. Berada di ketinggian 2.000 m, udaranya sejuk dan menyegarkan serta sering diselimuti kabut tebal. Dieng diyakini dipilih sebagai tempat suci dan bersemayam para dewa dan dewi karena keindahannya yang memukau. Dieng berjarak sekitar 30 km dari kota Wonosobo dan berbatasan dengan Kabupaten Banjarnegara. Dataran tinggi ini memiliki banyak lokasi wisata menarik yang tersebar di antara gunung berapi.

Nama “Dieng” berasal dari bahasa Sansekerta, artinya “Di” artinya tinggi dan “Hyang” artinya tempat para dewa dan dewi. Itu kemudian ditafsirkan sebagai tempat tinggal para dewa dan dewi. Ada pula ahli tafsir yang menggabungkannya dengan kata Jawa “adi” yang berarti indah, dan “aeng” yang berarti aneh. Padahal, kita akan memiliki banyak pesona jika mengunjungi tempat indah ini.

Rute Wisata Dieng: 4 Jalur Efisien

Rute Wisata Dieng: 4 Jalur Efisien

Posting saya menjelaskan perjalanan kami dari ibu kota ke timur pulau Jawa untuk mengejar matahari salut di tempat lain. Bersama 12 orang, kami menempuh jarak lebih dari 400 km untuk mencapai dataran tinggi ini. Perjalanan dari ibu kota ke Wonosobo memakan waktu 12 jam. Butuh waktu lama untuk memikirkan hal ini dan terlebih lagi jika saya pergi ke Surabaya melalui jalur darat dengan transportasi yang sama, entah kenapa..lol. Tapi yang terpenting, kita semua tiba dengan selamat di Kota Wonosobo.

Paket Wisata Dieng Murah Dan Menarik, Lengkap Pilihan Destinasi Yang Wajib Dikunjungi

Sekilas kota kecil ini terlihat bersih, asri dan sejuk, sungguh kota yang menyenangkan dibandingkan dengan Jakarta yang sudah penuh dengan asap kendaraan bermotor. Sesampainya di Terminal Mendolo, kami segera berkemas dan mengisi perut kami yang keroncongan. Lagi-lagi di toko kecil ini saya merasakan keramahan dan budaya Jawa, sambutannya sepertinya bagus, juga supir bus yang akan kami sewa, semua orang ramah dan itu adalah sesuatu yang jarang saya lihat di ibukota.

Singkat cerita, kami langsung menuju tujuan, Dataran Tinggi Dieng. Tidak butuh waktu lama kami sampai disana, kami memasuki kawasan Dieng hanya dalam waktu 60 menit. Jalan berkelok-kelok diaspal rapi, Gunung Sindoro yang menjulang tinggi di sebelah kanan menambah indahnya perjalanan kita. Tujuan pertama hari pertama adalah menikmati wisata kawasan Dieng dan tujuan pertama kita adalah :

Dataran Tinggi Dieng, Kawah Sikidang, Kawah Sileri, Kawah Wig, Kawah Sibanteng, Kawah Candradimuka dll. Ini adalah salah satu daerah dengan kawah terbanyak di Indonesia. Kali ini kita mengunjungi salah satu kawah yang paling menarik yaitu Skidang. Kawah Sikidang merupakan objek wisata paling penting dan terkenal di Dieng. Ke area kawah dengan kios cinderamata dan oleh-oleh. Penjual topeng juga tampak menjajakan dagangannya. Kita bahkan bisa membeli masker jika tidak tahan dengan bau belerang. Dari jauh sikidang ini terlihat seperti Kawah Gunung Papandayan, tapi ini versi mininya. Cuaca yang sangat cerah menambah keindahan kawah ini.

Kawah sikidang berarti kijang atau menjangan dalam bahasa jawa, dinamakan demikian karena air dari kawah ini memercik naik turun seperti kijang yang melambung-lambung. Kita juga harus hati-hati mendekati kawasan kawah, bau belerang sangat menyengat, asap belerang panas. Kawah ini masih merupakan dapur magma aktif, jadi kita harus selalu berhati-hati.

Paket Wisata Dieng Termurah Dan Terbaik • Ongis Travel

Seorang wanita paruh baya berdiri di tengah gurun dengan topi dan topeng di hidungnya. Ada karung yang tertata rapi berisi serpihan belerang. Batu-batu tersebut dijual kepada pengunjung sebagai oleh-oleh unik dari Kawah Sikidang.

Kawah ini sebenarnya adalah surga bagi mereka yang menggantungkan mata pencaharian dari kegiatan penambangan belerang. Meski baunya sangat menyengat, uap belerang ini diklaim ampuh melembutkan kulit dan menghilangkan jerawat. Ada juga kuda putih anggun yang bisa disewa untuk pemotretan tak jauh dari lokasi. Alangkah baiknya jika kita bisa mengambil foto kuda putih ala koboi dengan latar belakang Kawah Sikidang yang masih aktif.

Tempat wisata selanjutnya yang akan kita kunjungi adalah telaga bunga. Kami bertemu di pintu masuk Danau Bunga di Dimbuh, hanya 5 menit berkendara dari Kawah Sikidang. Untuk merasakan nuansa alam telaga warna, kita harus membayar 2.000 rupee, harga yang sangat-sangat murah.

Rute Wisata Dieng: 4 Jalur Efisien

Dinamakan Telaga Warna karena fenomena alam yang terjadi di tempat ini, seperti perubahan warna air danau. Terkadang berwarna seperti hijau dan kuning atau pelangi. Fenomena ini terjadi karena airnya memiliki kandungan belerang yang cukup tinggi dan warna air danau tampak berwarna-warni saat terkena sinar matahari. Memasuki area danau, air hijau tosca yang subur menyambut kita. Romansa misterius adalah kata yang tepat untuk menggambarkan suasana di sini. Dengan datangnya kabut, udara dingin menyelimuti kami. Perasaan itu sungguh indah.

Dataran Tinggi Dieng Tiket & Area Wisata Juni 2023

Kita bisa jalan-jalan di pinggir danau ini dan juga terdapat balkon kecil dimana anda bisa beristirahat dan melepas penat sambil menikmati cuaca dan berbagai fenomena alam yang mengelilinginya, serta anda bisa melihat keindahan danau berwarna ungu yang indah diantara rimbunnya pepohonan. pohon. danau ini bergradasi hijau di tengah dan hijau muda di tengah.

Tidak jauh dari Danau Çiçek dan tepat di sebelahnya, danau indah lainnya adalah Danau Pengilon. Telaga ini bisa digunakan untuk refleksi karena airnya yang jernih. Penduduk setempat mengatakan bahwa danau ini dapat mengetahui apa yang ada di dalam hati manusia. Anda mungkin bertanya-tanya, mengapa Anda tidak datang dan mencoba melihat bagaimana wajah Anda di air danau ini.

Ada beberapa gua di sekitar Telaga Warna Dieng yang patut dikunjungi, seperti Gua Semar Pertapaan Mandalasari Begawan Sampurna Jati. Di depan gua ini terdapat patung wanita yang membawa kendi. Di goa ini juga terdapat kolam kecil yang airnya dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit dan mempercantik kulit. Ada juga Gua Eyang Kumalasari dan Gua Jaran Resi Kendaliseto. Ada juga Batu Tulis Eyang Purbo Waseso. Gua-gua di sekitar kawasan ini sering dijadikan tempat meditasi.

Eksotisme peradaban zaman kerajaan berpadu dengan dinginnya kehangatan pegunungan merupakan perpaduan sempurna yang bisa kita temukan jika kita berkunjung ke Kompleks Candi Arjuna Dieng. Berdiri melawan pegunungan yang dingin, candi ini telah berdiri sejak abad ke-7. Terletak di ketinggian 2.093 meter, candi ini juga merupakan wisata budaya dan alam. Untuk memasuki kawasan candi, jika kita sudah mengunjungi Kawah Sikidang tidak dikenakan biaya tiket pulang pergi karena masih dalam satu atap pemerintahan yaitu Banjarnegara.

Desa Wisata Dieng Kulon

Setelah pintu masuk menembus suasana misterius dan romantis, kabut dingin turun menyambut kami. Sore itu, cuaca sedang teduh dan dingin, namun sayang, pemandangan pegunungan yang biasanya menjadi latar candi, sejenak diselimuti kabut. Saat kita melangkah mundur, kita akan disambut oleh candi-candi yang seolah tidak terpengaruh oleh perubahan waktu dan musim selama ribuan tahun, dan masih banyak candi di kompleks yang sama yang masih berdiri tegak. Mengabadikan tempat tua bersejarah ini dari segala sisi adalah sesuatu yang tidak boleh dilewatkan. Anda bisa mengambil foto bahkan masuk ke dalam bilik dari dalam candi untuk melihat mahakarya warisan leluhur yang tetap utuh meski disepuh selama berabad-abad. Berikut beberapa potret keadaan saat kami mengunjungi candi tersebut.

Menurut beberapa sumber yang saya baca, Kompleks Candi Arjuna dibangun pada tahun 809 Masehi. Kompleks Candi Arjuna merupakan candi Hindu tertua di pulau Jawa dan merupakan tempat pemujaan Dewa Siwa. Hal ini didasarkan pada keberadaan Lingga dan Yoni di candi utama. Selain itu juga ditemukan beberapa arca seperti Dewi Durga, Ganesha, dan Agastya yang saat ini disimpan di Museum Kailasa Dieng. Kompleks candi Arjuna pertama kali ditemukan pada tahun 1814 oleh seorang tentara Inggris, van Kinsbergen. Saat ditemukan, candi-candi ini terendam air rawa, tidak seperti banyak candi lain yang sering terendam tanah. Proses pengeringan air rawa baru dimulai lebih dari 40 tahun kemudian. Hamparan rerumputan hijau membingkai kerikil yang memenuhi pelataran paling dekat dengan candi tampak bersemi di pelataran candi.

Mie Ongklok, ya, merupakan salah satu kuliner khas Wonosobo yang wajib kita coba. Katanya belum ke wonosobo kalo belum nyobain mie ini, itu kata yang bisa memberatkan kita. Maka dari itu kita harus mencari tempat dimana kita bisa makan mie paling enak suka atau tidak suka, jadi ini tekad kita setelah lelah melangkah ke tempat wisata yang kita kunjungi sebelumnya. Dengan bantuan sopir bus sewaan kami Pak Doremifasol, dia merekomendasikan Mie Ongklok paling enak di Wonosobo. Singkat cerita, sesampainya di tempat tujuan, Mie Ongklok dan Sate Sapi sudah tersaji di hadapan kami. Kami tidak banyak bicara, kami menghapus semuanya.

Rute Wisata Dieng: 4 Jalur Efisien

Tapi apa ya nama mie ongklok ini? Ongklok sebenarnya memiliki arti tersendiri. Disebut Mie Ongklok karena mie dicampur dengan kol segar dan daun bawang cincang sebelum disajikan. Kubis dan kucai merupakan sayuran khas Wonosobo. Kucai adalah daun yang dikenal dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Setelah mencampurkan bambu ke dalam kendi, campuran mie dan sayuran disimpan dalam air mendidih selama beberapa menit. “Ini namanya diongklok. Mienya berkali-kali dicelupkan ke dalam air mendidih. Membuat mi dengan cara ini hanya ada di Wonosobo.

Paket Wisata Hemat, Murah Tour

Mie Ongklok Dieng ini tidak memiliki banyak keistimewaan tersendiri, salah satunya adalah Carica. Buah khas Dieng berbentuk buah pepaya, namun dalam bentuk mini dan hanya terdapat di daerah Dieng, sungguh aneh. Kami pun menyempatkan diri untuk membeli olahan buah carica untuk dijadikan oleh-oleh. Cita rasa olahan karika yang menyegarkan dan manis membuat ketagihan di lidah.

Tidak hanya makanannya yang unik, tetapi orang-orangnya juga memiliki keistimewaan. ada di dieng

Jalur wisata dieng, jalur dieng, jalur ke dieng, rute dieng, rute wisata dieng wonosobo, rute ke dieng dari jakarta, rute jakarta bali jalur darat, rute mudik jalur selatan, rute wisata dieng, jalur wisata dieng wonosobo, jalur menuju dieng, rute jalur

Artikel perihal Rute Wisata Dieng: 4 Jalur Efisien dapat Anda temukan di wartasembada.com.