Sejarah Sepeda Motor Harley Davidson

Harley-Davidson, Inc. adalah perusahaan induk dari Harley-Davidson Motor Company, Buell Motorcycle Company, dan Harley-Davidson Financial Services. Harley-Davidson Motor Company memproduksi sepeda motor kelas berat dan menawarkan rangkaian lengkap suku cadang sepeda motor, aksesori, pakaian, dan barang dagangan umum. Buell Motorcycle Company memproduksi lini sepeda motor sport.

Awal mulanya pada tahun 1901, ketika seorang pemuda bernama William S. Harley memiliki visi untuk memasang mesin ke sepeda.

William punya teman bernama Arthur Davidson yang menganut konsepnya. Bersama-sama, mereka mulai bekerja berjam-jam di sebuah gudang kayu kecil, dengan kata-kata “Harley Davidson” tertulis di pintu. Pada tahun 1903, mereka meluncurkan sepeda motor Harley Davidson produksi pertama.

Logo “Bar dan Perisai” yang legendaris menjadi simbol penentu sepeda motor Harley Davidson pada tahun 1910. Logo tersebut mewakili kekuatan dan ketangguhan. Desainnya dipatenkan pada tahun 1911 dan terus digunakan hingga saat ini.

Pada tahun 1920, legenda balap motor, Leslie “Red” Parkhurst, memecahkan banyak rekor kecepatan pada motor balap Harley Davidson. Setiap kali Parkhurst memenangkan perlombaan, dia akan membawa babi di putaran kemenangan dan selama waktu inilah istilah “babi” dikaitkan dengan sepeda motor Harley Davidson.

Selama Perang Dunia I hampir setengah dari sepeda motor Harley Davidson yang diproduksi dijual ke Angkatan Darat Amerika Serikat. Sepanjang tahun 1920-an, perubahan besar terjadi pada desain. Yang paling menonjol adalah perubahan pada tangki bensin, yang diubah menjadi bentuk tetesan air mata yang sekarang terkenal. Pada tahun 1928, Harley Davidson memperkenalkan mesin twin-cam pertama dan rem roda depan. Modifikasi ini memungkinkan sepeda motor Harley Davidson mencapai kecepatan lebih dari 85 mph.

Sepanjang tahun 1930-an, sepeda motor Harley Davidson terus memecahkan rekor kecepatan dan memenangkan banyak penghargaan. Harley Davidson lebih lanjut berkembang menjadi kendaraan komersial dan polisi melalui pengenalan Servi-Car roda tiga.

Perubahan penampilan dilakukan pada sepeda motor Harley Davidson dan termasuk desain “elang” yang terkenal, yang dicat pada semua tangki bensin Harley Davidson. Selama waktu ini, merek dagang mesin 1340 cc diperkenalkan dan sepeda motor “Knucklehead” diluncurkan.

Antara tahun 1941 hingga 1945, Harley Davidson menghentikan produksi sepeda motor sipil dan hanya berfokus pada penyediaan sepeda motor yang andal kepada Angkatan Bersenjata AS selama Perang Dunia II.

Ketika produksi sipil dilanjutkan, sepeda motor Harley Davidson sangat diminati. Organisasi memperluas dan membeli A.O. Smith Propeller Plant untuk digunakan sebagai bengkel mesin. Di sini mereka memproduksi suku cadang sepeda motor dan mengirimkannya ke pabrik untuk perakitan akhir.

1947 melihat pengenalan sepeda motor “Panhead” Harley Davidson, yang dianggap “The American Motorcycle”. Dua tahun kemudian, rem depan hidrolik diperkenalkan pada model Hydra-Glide.

Tahun 1950-an penuh dengan tantangan dan kemenangan. Selama waktu ini, Inggris merebut hampir 40 persen pasar sepeda motor dengan sepeda motor Triumph yang selalu populer. Pemilik Harley Davidson tahu bahwa mereka harus kreatif jika ingin tetap berada di puncak.

Untuk bersaing dengan sepeda motor yang lebih kecil dan lebih sporty yang berasal dari Inggris Raya, Harley Davidson mengembangkan model K katup samping dengan mesin dan transmisi terintegrasi. Hari ini, model K dikenal sebagai Sportster.

Tahun 1953 menandai hari jadi ke-50 sepeda motor Harley Davidson. Organisasi menandai acara ini dengan membuat logo khusus yang menyertakan “V”, dengan bar di atasnya bertuliskan “Harley Davidson” dan kata-kata “50 Tahun Buatan Amerika”. Setiap sepeda motor yang diproduksi pada tahun 1954 memiliki logo versi medalion yang ditempatkan di spatbor depan.

Selama tahun 60-an, Harley Davidson mengurangi produksi dan menawarkan satu-satunya sepeda skutik yang pernah diproduksi. Itu juga selama waktu ini bahwa model Sprint diperkenalkan. Inovasi lainnya termasuk starter listrik dan pengenalan mesin “Shovelhead”.

Tahun 70-an membawa transformasi sepeda motor Harley Davidson. Sebuah sepeda motor balap Sportster baru diperkenalkan pada tahun 1970. Satu tahun kemudian, FX 1200 Super Glide cruiser diperkenalkan; bersama dengan mobil salju pertama Harley-Davidson.

1977 membawa Harley-Davidson Low Rider ke garis depan ketika debutnya ke publik di Daytona Beach. Kemudian di tahun itu, Café Racer dirilis.

Terakhir, namun tidak kalah pentingnya, Harley Davidson memperkenalkan FXEF Fat Bob pada tahun 1979. Motor ini memiliki tangki bensin ganda dan spatbor bob. Itu ditampilkan dalam film-film Hollywood dan dengan cepat menjadi favorit publik Amerika.

Selama tahun 80-an, Harley Davidson mengalami perubahan internal yang cukup besar dan lebih banyak perhatian difokuskan pada balap motor. Salah satu perubahan yang paling menonjol terjadi pada tahun 1986, ketika Harley Davidson terdaftar di Bursa Efek Amerika.

Pada 1990-an, Harley Davidson memperluas operasinya di AS untuk memasukkan fasilitas cat bernilai jutaan dolar, pusat distribusi baru, pembangkit listrik, dan fasilitas produksi. Harley Davidson juga membuka fasilitas perakitan baru Brasil, operasi pertama di luar AS.

Sejak awal tahun 2000, Harley Davidson telah meledak pasar denganberbagai sepeda motor baru dan menarik. Ini termasuk Softail Deuce; Buell Blast, Firebolt, dan Lightning; Jalan Raja Adat; dan Jalan Glide.

Saat ini, Harley Davidson memiliki lebih dari 60 persen pangsa pasar sepeda motor. Mempertimbangkan sejarah dan reputasi mereka, kemungkinan besar sepeda motor Harley Davidson akan ada selama 100 tahun lagi.

Perubahan Model dari Tahun ke Tahun

Meskipun perlu beberapa saat untuk membuat daftar semua model Harley-Davidson® yang berbeda berdasarkan tahun, membaginya berdasarkan beberapa dekade membantu menyoroti beberapa tonggak sejarah yang dimiliki merek tersebut.

Menindaklanjuti sepeda produksi pertama pada tahun 1905, perusahaan memperkenalkan sepeda motor bertenaga V-twin pertamanya pada tahun 1909. Hal ini menyebabkan lonjakan produksi dan lebih banyak inovasi seiring berjalannya dekade.

Sepeda Motor Harley-Davidson tahun 1910-an

1911 7D®: V-twin pertama yang sukses diproduksi oleh Harley-Davidson, 7D® membantu memenangkan konfigurasi mesin yang telah digunakan secara konsisten selama bertahun-tahun.

1914 10-F®: V-twin ini adalah sepeda pertama yang memiliki dua kecepatan, yang merupakan kemajuan bagi merek tersebut. Ini juga menampilkan “starter langkah” yang mirip dengan kick-starter modern.

Sepeda Motor Harley-Davidson tahun 1920-an

1925 JD®: Pengenalan model ini membantu perusahaan membuat dampak dalam industri sejauh styling, dengan tangki bahan bakar olahraga bentuk bulat, tetesan air mata.

1929 D-Series®: Untuk bersaing dengan Scout yang diproduksi oleh Indian Motorcycle, Harley-Davidson merilis D-Series®, yang memperkenalkan mesin side-valve, 45ci, V-twin yang dikenal sebagai “45” atau flathead.

Sepeda Motor Harley-Davidson tahun 1930-an

1932 R-Series®: Untuk menggantikan D-Series®, R-Series® diperkenalkan dengan gaya baru yang membantu membentuk Harley-Davidson sebagai bahan pokok Americana. Itu juga membantu perusahaan melalui Depresi Hebat.

1937 UL®: Saat perusahaan bangkit dari Depresi Hebat, Harley-Davidson merilis UL®, yang merupakan model Sport Solo® yang menampilkan sistem oli resirkulasi dan transmisi empat kecepatan.

Sepeda Motor Harley-Davidson tahun 1940-an

1942 WLA®: WLA® diproduksi untuk Angkatan Darat selama Perang Dunia II. Itu memiliki mesin V-twin dan dilengkapi dengan fitur dan peralatan khusus untuk perang.

1948 FL®: Ada beberapa perubahan yang diperkenalkan pada desain Harley-Davidson dengan FL 1948, yang menampilkan mesin V-twin “Panhead” baru.

Sepeda Motor Harley-Davidson tahun 1950-an

1952 K-Model®: K-Model® dirancang dengan citra sepeda balap, dan Harley-Davidson menginginkan sesuatu yang lebih ringan daripada beberapa model sebelumnya.

1957 Sportster® XL: Sportster® diperkenalkan dengan harapan dapat membawa sepeda ke pelanggan di seluruh negeri. Model tersebut diproduksi agar irit dan mudah untuk bermanuver.

Sepeda Motor Harley-Davidson tahun 1960-an

1961 Super 10®: Super 10® disebut-sebut sebagai sepeda motor entry-level yang lebih kecil. Kendaraan ini menampilkan mesin dua langkah, berpendingin udara.

1965 FL Electra Glide®: Model ini menampilkan mesin Panhead terakhir. Itu juga merupakan Harley-Davidson pertama dengan start listrik. Karena kombinasi ini, ia telah menjadi sepeda kolektor yang populer.

Sepeda Motor Harley-Davidson tahun 1970-an

1971 Factory Experimental FX Super Glide®: Model ini dipasarkan sebagai custom pertama dalam mesin chopper dari Harley-Davidson. Itu adalah bagian dari garis midrange yang menawarkan penanganan Sportster® dengan kekuatan mesin big-twin.

1977 FXS Low Rider®: Sebuah variasi dari FX Super Glide®, sepeda motor Low Rider® diperkenalkan dan menampilkan garpu yang diperpanjang. Itu adalah hit instan dan terjual lebih banyak dari model lain selama tahun produksi pertamanya.

Sepeda Motor Harley-Davidson 1980-an

1980 FXB Sturgis®: Harley-Davidson merilis model ini untuk menghormati reli sepeda motor Sturgis bersejarah yang diadakan setiap tahun di South Dakota. Ini menampilkan cat hitam klasik dengan trim merah dan merupakan model edisi terbatas, dengan hanya sekitar 1.500 yang dibuat.

1984 FX/FL Softail®: Sebuah wahyu datang di tahun 80-an dengan diperkenalkannya platform Softail®, yang dirancang agar terlihat seperti Harley-Davidson dari tahun 40-an dan 50-an. Suspensi menampilkan guncangan tersembunyi.

Sepeda Motor Harley-Davidson 1990-an

1990 FLSTF Fat Boy®: The Fat Boy® adalah sepeda motor penjelajah yang dirancang untuk Daytona Bike Week pada tahun 1988 dan 1989. Model produksi mulai dipasarkan pada tahun 1990.1992 FXDB Daytona®: Sebuah penghargaan dibuat untuk Pantai Daytona dengan produksi sepeda motor FXDB Daytona®. Ini menampilkan trim krom dan pekerjaan cat mutiara. Hanya 1.700 yang dibangun.

Sepeda Motor Harley-Davidson 2000-an

2002 FXDWG3®: Model ini menampilkan tampilan kustom pabrik yang dirancang bagi mereka yang menginginkan sesuatu yang sedikit berbeda. Ini menampilkan batang dan pegangan cermin khusus, serta cat beraksen api.

2007 FXDB Dyna Street Bob®: Desain Street Bob® terinspirasi oleh gaya minimalis. Itu membuang kursi penumpang dan pasak untuk tampilan yang lebih ramping dan menarik bagi pengendara solo.

Sepeda Motor Harley-Davidson 2010-an

XG Street® 2014: Sepeda perpindahan sporty ini diperkenalkan untuk menangkap pasar yang lebih muda. Ini meniru K-Model® karena dipasarkan sebagai pilihan yang murah dan menyenangkan.

2019 Livewire™: Livewire™ adalah kendaraan listrik pertama yang dirancang oleh Harley-Davidson, dilengkapi baterai yang mampu menempuh jarak 146 mil dalam kota.

Ini hanyalah segelintir model Harley-Davidson® yang diproduksi sepanjang sejarahnya yang panjang. Siswa memiliki kesempatan untuk mengerjakan sepeda model akhir dan awal saat mereka mendaftar di pilihan khusus pabrikan di MMI.

Postingan perihal Sejarah Sepeda Motor Harley Davidson dapat Anda temukan di wartasembada.com.