Tempat Wisata Di Kuningan Jawa Barat: 6 Tempat Pilihan Wisatawan

Tempat Wisata Di Kuningan Jawa Barat: 6 Tempat Pilihan Wisatawan – Kabupaten Kuningan terletak di provinsi Jawa Barat. Lokasinya berada di jalur lintas wilayah yang menghubungkan wilayah Cirebon dan Priyangan Timur. Selain itu, jalan akses di kabupaten ini digunakan sebagai jalur alternatif yang menghubungkan Provinsi Jawa Tengah dan Bandung dari arah selatan.

Meski luasnya hanya 1.200 kilometer persegi, Kabupaten Kuningan memiliki beragam tempat wisata menarik. Kawasan ini selalu ramai dikunjungi wisatawan, terutama saat liburan. Tempat wisata di Kabupaten Kuningan didominasi oleh wisata alam dan budaya seperti air terjun, pegunungan dan beberapa wisata cagar budaya.

Tempat Wisata Di Kuningan Jawa Barat: 6 Tempat Pilihan Wisatawan

Tempat Wisata Di Kuningan Jawa Barat: 6 Tempat Pilihan Wisatawan

Jika Anda ingin mengisi waktu liburan dengan mengunjungi Kabupaten Kuningan, berikut 10 rekomendasi tempat wisata di Kuningan yang bisa Anda kunjungi:

Tempat Angker Di Kuningan Yang Penuh Dengan Kisah Mistis 2022

Desa Wisata Sitonjul menyuguhkan suasana desa yang tenang dan asri. Jika ingin merelaksasikan pikiran dari penat dan hiruk pikuk kota, Anda bisa mengunjungi tempat wisata di Kuningan ini. Bidang hijau menyegarkan mata Anda dengan mudah. Selain itu, Anda juga akan disuguhi budaya Sunda yang terkenal dengan keramahannya.

Desa Sitonjul merupakan gabungan dari dua desa yang bertetangga yaitu Desa Simenyan Tonzong dan Desa Munjul. Tepatnya kampung ini terletak di Desa Sanganurip, Kecamatan Silimus, Kabupaten Kuningan, berjarak 13 kilometer dari Kota Kuningan dan 24 kilometer dari Kota Cirebon. Jika ingin menikmati keindahan desa ini, Anda bisa menghubungi pengelola hotel di sekitar desa.

Kabupaten Kuningan memiliki beberapa wisata air terjun yang tidak kalah indahnya dengan wisata air terjun di daerah lain. Air Terjun Kurug Putri tidak kalah indahnya. Destinasi wisata di Kuningan ini sangat ideal untuk wisata keluarga karena aksesnya yang mudah dan pemandangan alam yang indah. Sepanjang jalan Anda akan dipandu melalui area berpasir dan hijau dari kebun buah dan sayuran.

Kurug Putri terletak di Taman Nasional Gunung Siremai. Tepatnya di Desa Sisantana, Kecamatan Sigugur, Kabupaten Kuningan. Air terjun ini tidak terlalu tinggi, tingginya hanya 20 meter. Ada tangga batu dan jalan setapak untuk memudahkan wisatawan menikmati segar dan dinginnya air di air terjun. Kurug Putri buka mulai pukul 07.00 hingga 17.00 dengan tiket masuk hanya Rp 5.000.

Kuningan Si Surga Wisata

Bagi yang suka hiking, tempat wisata di Kuningan ini wajib kamu kunjungi. Bukit Wisata Panembongan yang terletak di Desa Tembong, Kecamatan Garawangi, Kabupaten Kuningan ini menawarkan pemandangan alam Kabupaten Kuningan yang bisa dinikmati dari atas. Meski baru resmi dibuka pada tahun 2016 lalu, Bukit Panembongan menjadi salah satu tempat favorit warga sekitar maupun wisatawan.

Selain melihat keindahan alam, Anda juga bisa mengunjungi berbagai fasilitas yang tersedia di tempat wisata di Kuningan ini. Fasilitasnya meliputi berkemah, permainan flying fox, dan tempat-tempat menyenangkan untuk mengambil foto pre-wedding. Menara Bukit Panembongan buka setiap hari hingga pukul 17.00, dengan tiket masuk hanya Rp 5.000.

Di Kabupaten Kuningan terdapat sebuah danau dengan air biru jernih, kadang disebut Labuan Sermin di Kalimantan Timur. Ia melihat dasar danau yang dalamnya hanya lima meter. Nama danau ini adalah Situ Ciserem. Ratusan ikan mas hidup dan berkembang biak di danau tersebut.

Tempat Wisata Di Kuningan Jawa Barat: 6 Tempat Pilihan Wisatawan

Anda bisa menghabiskan waktu bersama keluarga bermain ikan di danau yang berada di Desa Kaduwela, Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Kuningan ini. Suasana pedesaan yang asri akan membuat Anda betah berlama-lama di tempat wisata di Kuningan ini. Apalagi dengan pepohonan yang tumbuh di sekitar Danau Ciserem membuat kawasan danau ini semakin sejuk dan menarik.

Murah Meriah! Ini Tempat Wisata Paling Hits Di Kuningan

Harga tiket Situ Ciserem sangat murah. Bayar tiket masuk Rp. 2.500, Anda sudah bisa menikmati semua keindahan yang ditawarkan.

Gunung Siremai merupakan gunung tertinggi di Jawa Barat dan selalu menjadi tujuan para pendaki untuk ditaklukkan. Dengan ketinggian 3.078 meter di atas permukaan laut, gunung tersebut merupakan gunung berapi tipe A yang masih aktif hingga saat ini. Salah satu bekas kawah letusan di gunung ini berketinggian 2.900 mdpl yang disebut Gua Dompet.

Ada empat rute yang bisa dipilih untuk menaklukkan Gunung Siremai. Dari Kabupaten Kuningan bisa memilih Desa Linggarjati, Desa Palutungan atau Desa Lingasana. Dari Kabupaten Majalengka Anda bisa berkendara melalui jalur desa Apuy. Tentunya setiap gunung dan jalur memiliki tingkat kesulitannya masing-masing, sehingga banyak pendaki yang mencoba mendakinya lebih dari satu kali dengan menempuh jalur yang berbeda.

Selalu jaga kesehatan dan lakukan olahraga teratur sebelum mendaki. Jika Anda seorang pendaki amatir, jangan mendaki gunung ini sendirian. Bergabunglah dengan sekelompok pendaki berpengalaman.

Melirik Indahnya Wisata Bukit Kukupu Panenjoan Di Kuningan, Cocok Untuk Refreshing Keluarga

Mountain Recreation Park adalah tujuan liburan air yang sempurna untuk Anda dan keluarga. Di tempat wisata di Kuningan ini, ada lima jenis kolam yang bisa Anda nikmati, semuanya lengkap dengan permainan yang menyenangkan. Tak hanya itu, destinasi wisata ini memiliki kereta api mini, Cora-Cora, Merry-Go-Round dan masih banyak lagi kendaraan lainnya.

Tempat wisata air ini berada di pesona alam Kompleks Perumahan Kuningan, Jalan Sirendang, Gunungkeling, Sigugar, Kabupaten Kuningan. Bagi yang ingin merasakan pengalaman bermain air dan wahana seru di sini, Anda bisa berkunjung setiap hari mulai pukul 08:00 hingga 17:00. Harga tiket masuknya adalah Rp 25.000 pada hari Senin sampai Jumat dan Rp 30.000 pada akhir pekan dan hari libur.

Tak hanya wisata alam dan air, Kabupaten Kuningan juga kaya akan wisata budaya dan sejarah. Salah satunya situs purbakala Sipari yang bisa dikunjungi. Tempat wisata di Kuningan ini menawarkan cerita masa lampau, terutama dari zaman megalitikum. Hal ini dibuktikan dengan ditemukannya kuburan batu pada tahun 1972.

Tempat Wisata Di Kuningan Jawa Barat: 6 Tempat Pilihan Wisatawan

Penelitian lebih lanjut oleh arkeolog negeri Tegu Asmar menghasilkan penemuan peninggalan seperti perunggu, tembikar, peralatan dapur dan bekas pondasi bangunan. Beberapa reruntuhan yang lebih besar, seperti peti mati dan lumba-lumba, juga dapat dilihat di udara terbuka. Sedangkan barang-barang yang lebih kecil seperti periuk, kapak batu, dan gelang disimpan di museum yang tidak jauh dari lokasi.

Objek Wisata Balong Dalem Jalaksana Kuningan Jawa Barat

Situs Purbakala Sipari terletak persis di kaki Gunung Siremai di Desa Sipari, Kecamatan Sigugur, Kabupaten Kuningan. Lokasi yang berada di ketinggian 700 mdpl ini memiliki tempat dengan udara pegunungan yang sejuk dan sejuk. Situs Purbakala Sipari buka dari hari Senin sampai Jumat dari pukul 08:00 sampai 16:00. Pada hari Sabtu situs ini hanya buka hingga pukul 02:00 WIB.

Di Kabupaten Kuningan terdapat sebuah kawasan terbuka yang sering digunakan oleh masyarakat setempat untuk berekreasi atau berolahraga. Selain itu, berbagai event seni dan budaya juga kerap digelar di sini. Tempatnya adalah Open Space Gallery Kuningan. Tidak sampai di situ, tempat wisata Kuningan ini juga memiliki ruang pameran terbuka dengan berbagai benda seni.

Di salah satu sisi taman sejuk yang dipenuhi pepohonan rindang ini terdapat sebuah kolam yang cukup luas. Di pinggir kolam, orang-orang duduk berbaris dengan kaki di dalam kolam. Dia melakukan terapi pijat. Ya, selain fasilitas olahraga dan ruang pameran, Open Space Gallery Kuningan juga memiliki fasilitas kolam terapi pijat gratis.

Tempat wisata ini terletak di Desa Lingarjati, Kecamatan Silimus, Kabupaten Kuningan. Anda bebas mengunjungi tempat wisata di Kuningan ini kapan saja dari pagi hingga sore hari. Untuk mengakses dan mengunjungi berbagai fasilitas di sini, Anda tidak akan dikenakan biaya alias gratis.

Wisata Di Kuningan Jawa Barat Terbaru, Lengkap Dengan Harga Tiket

Siapa yang tak menyangka bangunan cagar budaya ini? Nama Gedong Musyawarah Lingagarjati atau kini dikenal sebagai Museum Lingarajati selalu ada dalam buku sejarah. Karena pada tahun 1946 pernah diadakan perundingan antara Indonesia dan Belanda di gedung ini.

Sebelum menjadi bangunan pemukiman, bangunan ini merupakan rumah kecil masyarakat setempat. Bangunan tersebut mengalami beberapa kali renovasi, menjadi hotel dengan tiga kali pergantian kepemilikan, dan menjadi tempat perbincangan. Tidak berhenti sampai di situ, gedung Lingarajati juga digunakan sebagai markas tentara Belanda pada masa pendudukan militer Belanda kedua dan sekolah dasar sebelum dijadikan museum.

Museum Lingarjati didesain menyerupai keadaan aslinya yang masih digunakan sebagai tempat pertemuan. Furnitur dan interior dirangkai semirip mungkin dengan aslinya. Museum ini terletak di Desa Lingarjati, Kecamatan Silimus, Kabupaten Kuningan, tak jauh dari Kuningan Open Air Gallery. Museum buka pada hari kerja mulai pukul 07:00 hingga 15:00 dan pada akhir pekan mulai pukul 08:00 hingga 17:00.

Tempat Wisata Di Kuningan Jawa Barat: 6 Tempat Pilihan Wisatawan

Rekomendasi tempat wisata di Kuningan yang terakhir adalah Taman Wisata Alam Linggarjati. Taman ini terletak di kawasan Museum Linggarjati dan Kuningan Open Air Gallery. Tepatnya di Desa Lingarjati Kecamatan Silimus Kabupaten Kuningan.

Objek Wisata Kukupu Panenjoan Dan Situarja Akan Terus Dikembangkan

Destinasi wisata ini menawarkan pemandangan alam yang menarik dengan udara pegunungan yang segar dan sejuk. Bagi para pendaki, taman wisata ini menjadi titik awal pendakian Gunung Siremai. Taman seluas 11,51 hektar ini juga memiliki beberapa taman bermain.

Bagi Anda yang hobi memancing, taman ini memiliki kolam ikan. Anda yang hobi berenang juga bisa memanfaatkan kolam renang di sini. Fasilitas outdoor juga tersedia bagi mereka yang menyukai berbagai aktivitas yang memacu adrenalin. Anda bisa menggunakan taman terbuka dan sejuk untuk relaksasi. Bahkan, akomodasi juga tersedia dengan harga terjangkau.

Harga tiket Taman Wisata Lingarajati adalah Rs 10.000 untuk dewasa dan Rs 9.000 untuk anak-anak. Jika Anda ingin memanfaatkan fasilitas lain seperti kolam renang atau perahu dayung, Anda akan dikenakan biaya tambahan. Tapi Anda tidak perlu khawatir,

Tempat wisata di kuningan jawa barat, wisata di kuningan jawa barat terbaru, wisata air panas di kuningan jawa barat, tempat wisata di kab kuningan jawa barat, objek wisata di kuningan jawa barat, wisata di kuningan jawa barat, wisata alam di kuningan jawa barat, tempat wisata dan penginapan di kuningan jawa barat, tempat wisata baru di kuningan jawa barat, wisata kuningan jawa barat, tempat wisata kuningan jawa barat, wisata di daerah kuningan jawa barat

Postingan perihal Tempat Wisata Di Kuningan Jawa Barat: 6 Tempat Pilihan Wisatawan dapat Anda temukan di wartasembada.com.