Wisata Dekat Stasiun Semarang Poncol: 4 Tempat Wisata Seru

Wisata Dekat Stasiun Semarang Poncol: 4 Tempat Wisata Seru – · Oleh Matthew Teguh Nugroho · inci Sejarah, Indonesia, Jawa Tengah, Kuliner, Semarang, Travel, Pariwisata · 50 komentar

Sepertinya banyak orang yang belum mengetahui bahwa kota Semarang di Jawa Tengah merupakan kota yang menarik untuk dikunjungi. Kalau bicara destinasi wisata di tengah pulau Jawa, biasanya semua mata langsung tertuju ke Jogja atau Solo. Padahal banyak tempat wisata di Semarang yang tidak bisa ditemukan di Jogja atau Solo. Di Semarang, nafas kehidupan berbagai budaya berdenyut kencang di setiap sudutnya, menciptakan pengalaman tak terlupakan bagi setiap pengunjung.

Wisata Dekat Stasiun Semarang Poncol: 4 Tempat Wisata Seru

Wisata Dekat Stasiun Semarang Poncol: 4 Tempat Wisata Seru

Anda tidak perlu mengambil cuti untuk menjelajahi Semarang – kotanya, yah, Semarang dan sekitarnya (misalnya Rawa Pening, Ambarawa, atau Ungaran) adalah cerita yang berbeda. Dua hari cukup untuk mengunjungi tempat wisata terkenal di Semarang, jadi Semarang bisa kamu jadikan sebagai liburan akhir pekan! Ya sist, panas kayak jakarta, sungainya kotor semua haha, tapi cuacanya beda sama sekali.

Tempat Untuk Berwisata Budaya Yang Seru Di Kota Semarang

Nah, melalui artikel kali ini saya akan menceritakan pengalaman saya menjelajahi kota Semarang di hari pertama trip kedua bulan Mei 2018, serta beberapa tempat yang pernah saya kunjungi dalam beberapa tahun terakhir.

Sebagai salah satu kota terbesar di Jawa bahkan Indonesia, kota Semarang terhubung dengan baik dengan wilayah lain di Indonesia. Semarang memiliki Bandara Internasional Ahmad Yani (yang baru-baru ini membuka terminal baru, besar dan modern), tetapi cara paling populer untuk pergi ke Semarang adalah Jakarta dan Bandung, atau kota-kota lain di pulau Jawa, dengan kereta api, tut tut tuuuuuuttt.

Dari Jakarta, Anda bisa naik kereta api ke Semarang dengan harga mulai dari Rp. 80.000,00! Murah itu murah, kan? Tarif KA Brantas jalur Pasar Senen – Semarang Tawang sama dengan tarif KA Argo Parahyangan Jakarta – Bandung, wikiwik. Semua KA ekonomi tujuan Semarang berangkat dari Stasiun Pasar Senen, kecuali KA Gumarang yang meskipun kelas bisnis tetap berangkat dari Pasar Senen. Kereta api komersial dan senior ke Semarang berangkat dari Stasiun Gambir.

Kalau punya uang lebih, ingin pengalaman baru bisa naik Argo Muria sebelum kereta (Rp 480.000,00) atau Argo Bromo Anggrek Luxury seharga Rp. 1.000.000,00 dari Stasiun Gambir, Jakarta ke Stasiun Semarang Tawang. Patut dicoba juga untuk naik KA Argo Muria yang pertama. Desain interiornya indah, tentu saja

Daftar Tempat Pariwisata Di Semarang Jawa Tengah

, ada wifi, dan makan buffet. Waktu tempuhnya sekitar 6 jam, sedikit berbeda dengan kereta ekonomi Brantas yang memakan waktu 6 jam 45 menit.

Ada dua stasiun kereta api di Semarang, yaitu Stasiun Semarang Tawang dan Semarang Poncol. Stasiun Poncol hanya melayani kereta ekonomi, sedangkan Stasiun Tawang melayani semua kelas. Tidak masalah turun di stasiun mana, karena sama-sama berada di pusat kota Semarang, dan sama-sama terhubung dengan jaringan BRT Trans Semarang. Ya, sama seperti Stasiun Yogyakarta dan Stasiun Lempuyangan di Jogja sebenarnya. Keuntungan bagi yang turun dari Stasiun Poncol adalah bisa langsung jalan kaki ke Lawang Sewu karena dekat, sedangkan Stasiun Tawang dekat dengan Kota Tua.

Nah, jika kamu sudah yakin dengan kereta yang akan kamu naik dan turun di stasiun, segera buka PegiPegi dan pesan tiket kereta kamu sebelum kehabisan! Pas banget buat GEMPITA alias Sparkling Year End Promo. Jangan lupa pilih semua stasiun di satu kota, misalnya JAKARTA (semua stasiun) hingga SEMARANG (semua stasiun), untuk mengetahui semua harga dan jadwalnya dengan cepat.

Wisata Dekat Stasiun Semarang Poncol: 4 Tempat Wisata Seru

Bagi yang datang dari Bandung seperti saya, ada pilihan KA Ciremai dan Harina yang merupakan KA bisnis dan KA senior. Tidak ada kereta ekonomi dari Bandung ke Semarang dan sebaliknya.

Itinerary Tempat Wisata Di Semarang Untuk 1 Hari, Bisa Kulineran Hingga Liburan Ke Dusun Semilir

. Jadi hanya bisa keluar dari Stasiun Bandung atau Cimahi, tidak bisa keluar dari Kiaracondong, apalagi Gedebage hahaha. Jangan khawatir, harganya masih murah, KA Ciremai Bandung-Semarang bisa dibeli dengan harga mulai dari Rp 165.000,00.

Saya menemukan Polder Tawang secara tidak sengaja saat tiba di Semarang pada Mei 2017 lalu. Saat itu saya ingin pergi ke Lasem, sebuah kota kecil di sebelah timur Semarang yang ramai dikunjungi wisatawan.

. Polder adalah bendungan buatan untuk mengendalikan aliran air di daerah rawan banjir, seperti Semarang. Um, saya juga tidak mengerti folder.

Saya selalu menyukai ruang publik seperti ini. Jadi sambil menunggu jol babang datang, saya menikmati pagi pertama saya di Polder Tawang yang damai. Hari masih pagi, matahari belum terbit. Saya berjalan bebas menyusuri sisi polder, duduk dan menyaksikan banyak penduduk setempat beristirahat dan berolahraga di area polder. Polder Tawang juga dikelilingi oleh bangunan tua peninggalan Belanda, seperti pabrik tembakau Praoe Lajar.

Obyek Wisata Alam Semarang Yang Cocok Buat Petualang

Setahun kemudian, Mei 2018, saya bertemu lagi dengan kota ini. Ini juga merupakan kawasan bersejarah sebelum menuju tempat utama, Desa Mranggen Ruvara Ragam di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah.

Kawasan Kota Lama Semarang dapat ditempuh dengan berjalan kaki dari Stasiun Semarang Tawang karena jaraknya hanya 500 meter. Setahu saya, pusat Kota Lama Semarang adalah Gereja Blenduk, yang kini resmi dikenal dengan nama GPIB Immanuel. Artikel selengkapnya tentang Gereja Blenduk dapat dibaca di: Semarang Express: Gereja, Klenteng, dan Masjid Raya.

Lihat posting perjalanan ini di Instagram, suka, bagikan. Melakukannya lagi. Jangan lupa move on agar tidak mengingat masa lalu. 📷 oleh @atemalem. . ##outfitoftheday #ootdmen #ootdfashion #ootdinspiration #semarang #semaranghits #semaranghebat #exploresemarang #jatengayeng

Wisata Dekat Stasiun Semarang Poncol: 4 Tempat Wisata Seru

Dari Gereja Blenduk, Anda masih bisa duduk nyaman di Taman Srigunting, blusukan di Pasar Klithkan Kota Lama Semarang, dan menyusuri jalanan Kota Lama Semarang dengan santai. Beberapa bangunan di sekitar Gereja Blenduk adalah gedung Asuransi Jiwasraya, Marba Semarang, Ikan Bakar Cianjur, dan gedung bank OCBC NISP. Hmm, bank ini suka tinggal di gedung-gedung tua.

Rekomendasi Tempat Makan Murah Di Dekat Stasiun Tawang Semarang, Rasa Juara Harga Under Rp 50 Ribu Aja

Dari Kota Lama, Anda bisa berjalan kaki ke Alley Lombok karena jaraknya tidak sampai satu kilometer. Namun jika Anda lelah dan putus asa dalam hidup, maka naiklah ojol Gang ke Lombok. Ada 2 tempat utama di sini: Kuil Tay Kak Sie dan Lumpia Gang Lombok yang terkenal.

Enak nih kalau belum sarapan, karena Lumpia Gang Lombok akan memuaskan rasa laparmu! Bagi yang ingin langsung sarapan begitu tiba di Stasiun Semarang Tawang, saya sarankan jangan makan terlalu banyak. Oh iya, lumpia ini halal, dan teman-teman blogger muslim saya pun memakannya dengan tenang. Ada 2 pilihan lumpia yaitu lumpia ayam dan udang. Renyah di luar, lembut dan manis di dalam! Selain dagingnya sendiri, gulungan air ini juga diisi dengan daun bambu (simbol air yang menyembur di Semarang) dan telur. Jadi jangan dikira lumpia yang ada di Semarang ini sama dengan lumpia yang biasa kalian beli dari gerobak di depan camp.

Jam buka, secara teori, 8:00-17:00, tapi tidak juga! Setelah tengah hari, tisu akan habis karena dibeli oleh penjual dan pelanggan yang sibuk mempersiapkan dari pagi hari. Jadi lebih baik tidak tidur di Lumpia Gang Lombok seperti yang terjadi pada saya tahun 2015. Lumpia juga bisa dibawa pulang, ada hujan yang hanya bertahan 24 jam, dan lumpia kering bertahan hingga 3 hari.

Namun, jika Anda pergi ke Semarang, sangat direkomendasikan untuk datang ke sini! Lumpia Gang Lombok berusia berabad-abad. Pemilik lama saat ini (generasi keempat) tidak mengetahui tahun pendirian toko keluarganya.

Wisata Alam Semarang Ini Punya Pesona Tersembunyi

Setelah memuaskan rasa penasaran saya selama lebih dari tiga tahun, saya beralih ke toko Es Campur Gang Lombok. Saat itu (Mei 2018) Semarang sangat panas! Matahari memandikan Semarang dengan banyak pilar cinta. Jadi, sangat menyegarkan untuk memakan es krim campur ini. Ada banyak konten! Berisi kolang-kaling, pepaya, nanas, mangga, kelapa dan cincau. Banyak kok, saya share aja piringnya… Mas Wira Nurmansyah, hahaha. Tak heran jika porsi Es Campur Gang Lombok ini dihargai Rp 23.000,00.

Di dekat Lumpia Gang Lombok, terdapat sebuah pura terkenal bernama Klenteng Tay Kak Sie, yang dalam bahasa Indonesia berarti Pura Pengetahuan Agung. Merupakan tempat pemujaan Tridharma (Budha, Taoisme, dan Konfusianisme atau Konfusianisme) yang telah ada selama 2,5 abad! Tidak hanya kuno, pagoda Tay Kak Sie juga merupakan rumah bagi 15 dewa dan dewi, tetapi terutama dewi welas asih, Kwan Im, yang dengan sabar membantu Biara Sakti (itulah mengapa Anda termasuk di sini) .

Ingin melihat gambar Dewi Kwan Im yang lebih besar? Cobalah pergi ke kuil Kek Lok Si yang indah di Penang, Malaysia. Baca cerita di dalamnya: Festival jalan kaki di Kuil Kek Lok Si, Penang

Wisata Dekat Stasiun Semarang Poncol: 4 Tempat Wisata Seru

Kelenteng Tay Kak Sie pertama kali dibangun pada tahun 1746 di kawasan yang sekarang dikenal dengan nama Bale Kambang. Pura tersebut kemudian dipindahkan ke Gang Lombok pada tahun 1771, setahun kemudian bangunan tersebut selesai dibangun. Tempat ini berjarak beberapa sentimeter dari Kali Semarang yang dulunya lebar dan dalam, tidak sesempit dan sesempit sekarang, sehingga kapal-kapal dagang Tionghoa bisa singgah di tepi sungai dan menuju ke arah kelenteng.

Hotel Pelangi Indah, Hotel Murah Dekat Stasiun Tawang

Disebut Gang Lombok, karena merupakan ladang merica. Dalam bahasa Jawa, “Lombok” berarti “cabai”, maka anda pasti paham apa yang pertama kali terlintas di pikiran kita (Jawa) ketika mendengar nama Pulau Lombok. Apakah ada juga banyak tanaman lada? #thinkoutloud

Selain melihat-lihat dan berfoto (ada patung Laksamana Cheng Ho alias Zheng He di depan klenteng), di klenteng Tay Kak Sie kita juga bisa menari.

(sejenis dewa Cina yang menggunakan tongkat) seperti yang saya lakukan pada tahun 2015. Percaya atau tidak, terserah Anda. Saya pribadi mengikuti prinsip itu,”

” yang saya temukan dalam pengajaran saya

Reddoorz Near Stasiun Tawang Semarang, Semarang

Tempat wisata dekat stasiun poncol, wisata dekat stasiun poncol, tempat wisata dekat stasiun semarang poncol, hotel sekitar stasiun poncol semarang, hotel di dekat stasiun poncol semarang, kost dekat stasiun poncol semarang, hotel dekat stasiun poncol, penginapan dekat stasiun poncol semarang, wisata semarang dekat stasiun poncol, hotel dekat stasiun semarang poncol, wisata di semarang dekat stasiun poncol, reddoorz semarang dekat stasiun poncol

Tulisan soal Wisata Dekat Stasiun Semarang Poncol: 4 Tempat Wisata Seru bisa Anda baca di wartasembada.com.