Wisata Pantai Cirebon: 3 Spot Indah

Wisata Pantai Cirebon: 3 Spot Indah – Sebelum membahas destinasi wisata di Cirebon, tahukah Anda bahwa Cirebon memiliki banyak tempat wisata yang tidak kalah dengan tempat liburan populer lainnya seperti Bandung, Jogja atau Bogor. Gedong yang terkenal dengan mangga lipstiknya belakangan ini banyak dipilih sebagai tujuan wisata oleh banyak wisatawan. Saat libur panjang, Cirebon cepat dipadati turis luar kota.

Meningkatnya kunjungan wisatawan ke Cirebon dalam beberapa tahun terakhir tidak lepas dari pertumbuhan ekonominya yang pesat. Setelah tol Sipali dibuka, jarak ke Cirebon juga cepat.

Wisata Pantai Cirebon: 3 Spot Indah

Wisata Pantai Cirebon: 3 Spot Indah

Selain itu, keberadaan banyak resor di setiap bagian kota memberikan kenyamanan dan kemudahan bagi wisatawan. Nah, bagi yang ingin berkunjung ke Kota Udang, berikut beberapa tips jalan-jalan di Cirebon. Apakah ada sesuatu? Lihat detail lengkapnya di bawah ini.

Deretan Tempat Wisata Pantai Terpopuler Di Pulau Jawa

Gambaran tersebut terdengar seperti pada gambar, kalimat yang cocok untuk menggambarkan kualitas destinasi wisata ini. Danau besar ini adalah danau buatan manusia yang diawali dengan air terjun kecil. Di dalamnya ada ikan berwarna cerah.

Tentu saja pengunjung dilarang memancing ikan ini. Pengendalian ini menciptakan kualitas baru di situ Ciserum. Para tamu sering duduk di tepi kolam menikmati pemandangan yang indah dan memancing.

Bukan hal yang aneh jika pengunjung mengambil foto di situ ciserum. Ada banyak pilihan bagaimana Anda dapat mengambil foto. Dari berdiri di tepi danau dan mengapung di atas danau hingga sebuah perahu yang mengapung di atas danau.

Keraton Kasepuhan merupakan objek wisata pertama di Cirebon, apalagi jika Anda tertarik dengan sejarah Cirebon. Rumah di Cirebon ini dibangun pada tahun 1529 oleh Mas Muhammad Arifin, cucu negara Sunan Gunung.

Tempat Wisata Di Cirebon Untuk Keluarga Yang Bagus Dan Seru

Dikenal sebagai Keraton Pakungwati, keraton ini dulunya dibangun sebagai pusat pemerintahan Cirebon. Nama tempat wisata di Cirebon ini kemudian menjadi Keraton Kazepuhan saat wilayah keraton dibagi pada masa pemerintahan Sultan Sepu Muhammad Shyamsudin Pangeran Merthawijaya.

Anda dapat pergi ke museum untuk melihat catatan sejarah seperti kereta emas, gamelan dari tahun 1426, lukisan kuno Prabu Siliwangi, ibu jari kiri Sunan Kalijaga dan senjata tanah kecil. Anda bisa menjelajahi kawasan Keraton untuk melihat arsitektur yang memiliki nilai filosofis tinggi. Keraton Kasepuhan Cirebon terletak di Jalan Kasepuhan nomor 43, Lemahwungkuk, Kota Cirebon.

Cirebon juga memiliki tempat wisata dengan pemandangan malam yang indah bernama Bukit Gronggong. Gunung Gronggong menjadi tempat favorit anak muda di Cirebon dan sekitarnya. Di kawasan Bukit Gronggong, Anda bisa menikmati pemandangan Cirebon di malam hari dari ketinggian, duduk di kursi sambil minum minuman panas di tengah sejuknya iklim pegunungan.

Wisata Pantai Cirebon: 3 Spot Indah

Kini, di antara tempat-tempat wisata di Ciribón, terdapat banyak hotel dan resort yang menawarkan pemandangan pegunungan yang spektakuler. Oleh karena itu, liburan bersama keluarga dan sahabat akan lebih menyenangkan. Bagi Anda yang ingin menikmati pemandangan malam dari Bukit Gronggong di Kawasan Patapan, Beber, dan Cirebon, Anda hanya perlu membayar Rp 2.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp 5.000 untuk mobil. .

Tidak Peduli Air Laut Pasang, Ribuan Wisatawan Padati Objek Wisata Pantai

Keraton Kanoman merupakan objek wisata utama di Cirebon yang lebih menarik dari Keraton Kasepuhan. Meski sudah berkali-kali direnovasi, Keraton Kanoman tetap mempertahankan dekorasi Jawa dan Tionghoa serta corak yang memiliki nilai sejarah bagi perkembangan Kerajaan Islam di Indonesia. Beragam koleksi artefak sejarah seperti lukisan, keramik, dan Legenda Paxi Naga Liman Vandi dapat ditemukan di tempat wisata di Cirebon ini.

Sejak berdiri pada tahun 1678, Keraton Kanoman masih mempertahankan tradisi dan adat istiadatnya hingga saat ini. Salah satu tradisi keraton yang paling terkenal adalah Ritual Panjang Jimat yang diadakan setiap bulan Maulid. Ritual Jimat Panjang diawali dengan penyucian kekuatan Keraton Kanoman selama 40 hari, dan dilanjutkan dengan perjalanan Harles dan gunungan tumbuhan dari Balai Ginem menuju Balai Kanoman. Penduduk Ciribon dan turis sedang menunggu pawai ini. Selain nilai filosofisnya yang tinggi, Festival Panchang Jimat juga bisa menjadi ajang berterima kasih kepada masyarakat sekitar Keraton Kanoman.

Keraton Kanoman dibuka untuk wisatawan setiap hari mulai pukul 09:00 hingga 17:00. Pengunjung cukup membayar tiket masuk sebesar Rp7.000 untuk menikmati wisata sejarah di Keraton Kanoman.

Danau Remis menawarkan pemandangan indah di kaki Gunung Siremai bagi Anda yang ingin bersantai dan menikmati aktivitas sehari-hari. Sekitar 20 kilometer dari pusat Kota Cirabon, tepatnya di kawasan Kadwela, Kuningan, Telaga Remis konon merupakan pertapaan Prabu Siliwangi.

Tempat Wisata Baru Di Cirebon Yang Lagi Hits 2022

Nama Telaga Remis yang berarti salju dalam bahasa Sunda ini berasal dari kisah Prabu Siliwangi yang menggunakan salju untuk minum air saat bertapa di tempat tandus. Raja membuang sisa salju sambil berdoa agar daerah itu menjadi danau yang berguna bagi masyarakat sekitar.

Ternyata doa Prabu Silivanki terkabul. Kini Telaga Remis tidak hanya menjadi sumber bagi penduduk setempat, tetapi juga menjadi tujuan wisata yang dapat mendekatkan pengunjung dengan alam. Di kawasan seluas 3 hektar ini, Anda bisa menjelajahi hutan yang mengelilingi danau yang memiliki ratusan spesies pohon seperti pohon Malaka, Rosewood, dan Kosambi. Telaga Remise juga memiliki banyak fasilitas penunjang seperti bumi perkemahan, toilet, pertokoan, gazebo, tempat parkir.

Jika Anda berkunjung ke tempat ini, tidak ada salahnya Anda mengunjungi tempat-tempat yang direkomendasikan berikut ini: 10 tempat wisata di Kuningan yang wajib Anda kunjungi.

Wisata Pantai Cirebon: 3 Spot Indah

Masjid tertua di Cirebon berada di halaman Keraton Kasepuhan. Kerajaan Islam awal juga mempengaruhi pembangunan Masjid Agung Sang Sipta Rasa. Keistimewaan ini terlihat dari atap masjid yang tidak memiliki puncak seperti masjid-masjid lain di Jawa.

Wisata Pantai Drini: Alamat & Rute Dengan Pemandangan Yang Super Indah

Sepintas, masjid khusus ini tidak tampak aneh. Meski sederhana, ada cerita menarik di balik pembangunan gereja ini. Ratusan tokoh terkenal dari Demak, Majapahit dan Cirebon ikut serta dalam pembangunan Masjid Sang Sipta Rasa. Sunan Kalijaga dipercaya untuk membangun Gereja Sunan Gunung Jati.

Selain gaya arsitekturnya yang masih dipertahankan hingga saat ini, Masjid Sang Sipta Rasa memiliki tradisi yang masih dilestarikan yaitu adzan Pitu. Azaan Pitu adalah adzan secara serentak oleh tujuh muadzin. Biasanya ada azan setiap hari Jumat di Masjid Agung Sang Sipta Rasa.

Cirebon mungkin tidak memiliki tempat wisata seperti kawasan Kuningan atau Majalenka, sehingga kehadiran Vanavisata Sivaring bisa menjadi batu loncatan bagi warga kota yang berwawasan hijau. Berada di perbatasan Kabupaten Cirebon dan Majalenka, Vanavisata Sivaringin menawarkan pemandangan hutan hijau dan danau yang sering dijadikan tempat memancing.

Melihat bebatuan kapur yang cerah juga menambah keindahan tempat wisata di Cirebon ini. Tak hanya itu, kawasan Wanawisata Ciwaringin juga memiliki fasilitas modern bagi para peminat. Ini juga memiliki banyak fasilitas seperti kamar mandi, tempat parkir, musala dan akomodasi untuk memastikan perjalanan wisata yang nyaman bagi pengunjung.

Objek Wisata Cirebon Ikonik Dan Menarik Untuk Dikunjungi 2022

Makam kasta Sunan Gunung sering digunakan untuk wisata religi oleh para pelancong dari pulau Jawa. Karena suara ayat suci yang dilantunkan di pemakaman Sunan Gunung, Anda akan menemukan suasana yang indah di kawasan wisata di Cirebon. Gaya arsitektur Cina, Jawa, dan Arab dipadukan dengan baik untuk menciptakan harmoni yang indah. Berbagai ornamen Tionghoa disematkan di sepanjang dinding makam.

Keistimewaan lain yang menarik dari pemakaman kasta Sunan Gunung adalah adanya sembilan gapura. Namun, pengunjung hanya diperbolehkan masuk hingga pintu kelima, karena pintu di bawahnya diperuntukkan bagi keturunan kasta Sunan Gunung.

Kompleks Makam Sunan Kasta Gunung terletak di Jalan Alun-Alun Astana Kasta Gunung 53, Desa Astana, Kecamatan Kasta Gunung.

Wisata Pantai Cirebon: 3 Spot Indah

Warga Cirebon dan sekitarnya kerap menjadikan tempat ini sebagai tempat berlibur bersama keluarga. Kota wisata Sikahang terkenal sebagai tujuan belanja, dengan pemandangan pegunungan. Para tamu dapat membuat ikan sendiri dan makanan lezat.

Pantai Kejawanan Kembali Ramai, Intip Spot Foto Baru Yang Instagramable

Namun jangan salah, meski populer sebagai destinasi wisata memancing dan kuliner, Kota Wisata Sikahang tetap menawarkan segudang daya tarik bagi semua pengunjungnya. Anda bisa menginap di kapal pesiar, mencoba resort dan kolam renang untuk menikmati liburan bersama keluarga.

Tepatnya Desa Wisata Sikahang berjarak sekitar 2 kilometer dari Sambar, pusat pemerintahan Kabupaten Cirebon, Kecamatan Dukuntang. Tempatnya juga tidak jauh dari Telaga Remis dan mudah dijangkau dengan kendaraan pribadi.

Dalam beberapa tahun terakhir, minat wisatawan untuk mengunjungi Gua Taman Sari Sunyaragi semakin meningkat. Karena pemugaran taman dan pameran seni tahunan, tempat wisata di Cirebon ini tidak lagi terlihat seperti objek wisata yang terbengkalai.

Dikelilingi oleh gua-gua, taman ini dulunya merupakan tempat peristirahatan meditasi bagi bangsawan atau pejabat istana. Keaslian bangunan batu kuno Gua Sunyaragi masih sangat mengesankan. Tempat wisata di Cirebon kerap dijadikan tempat berburu foto oleh warga setempat.

Tempat Unik Untuk Wisata Di Cirebon Terdekat

Gua Taman Sari Sunyaragi sering digunakan sebagai tempat pertunjukan musik dan balet hingga Festival Kerajaan Nusantara tahunan dibuka. Bahkan, baru-baru ini pengelola Gua Taman Sari Sunyaragi meluncurkan penerbangan balon udara untuk menarik wisatawan.

Tertarik untuk mengunjungi destinasi wisata di Ciribón ini? Datang saja ke tempatnya di Jalan Sunyaragi, Kecamatan Kesambi, Cirebon. Gua Taman Sari Suryaragi dibuka untuk umum setiap hari mulai pukul 08:00 hingga 17:30.

Taman Ade Irma Suryani (TAIS) dikenal sebagai taman anak-anak pada tahun 90-an. TAIS sempat terbengkalai sebelum akhirnya diubah menjadi taman air bernama Cirebon Waterland.

Wisata Pantai Cirebon: 3 Spot Indah

Tempat wisata pantai di cirebon, wisata pantai cirebon, wisata pantai di cirebon, objek wisata pantai cirebon, pantai kejawanan cirebon jadi wisata pengobatan

Postingan tentang Wisata Pantai Cirebon: 3 Spot Indah bisa Anda baca di wartasembada.com.